Advertisement

Pemda DIY Selidiki Penyebab Kelangkaan Minyakita

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 04 Februari 2023 - 06:17 WIB
Budi Cahyana
Pemda DIY Selidiki Penyebab Kelangkaan Minyakita Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Harga minyak goreng Minyakita melambung naik di atas Rp14.000. Minyak merek tersebut juga mulai langka di DIY.

Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY untuk menemukan penyebab kelangkaan.

Advertisement

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Disperindag DIY untuk menyelidiki penyebab kelangkaan tersebut. “Kami sudah menugaskan Dinas Perindustrian [Disgad DIY] untuk menyelidiki kenapa persediaannya menyusut. Kemudian [kenapa] harganya juga lebih tinggi,” ucapnya di Kompleks Kepatihan, Jumat (3/2/2023). 

“Nanti kita lihat apakah ini karena ada pengepul, atau karena stoknya lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan, ini yang sedang kami cari,” ujarnya. 

BACA JUGA: Minyak Goreng Minyakita Langka, Ini Siasat Pemerintah

Apabila penyebab kelangkaan dan naiknya harga karena stok yang lebih sedikit daripada permintaan, persoalan itu akan disampaikan kepada kementerian. Apabila ada penimbunan, Satgas Pangan Polda DIY akan turun tangan.

“Kalau gejalanya di beberapa daerah, ini ada beberapa kemungkinan yang terjadi, apakah distribusi tidak berjalan baik atau seperti apa,” ujar Kadarmanta. 

Minyakita memang masih ditemukan di DIY, namun mulai sulit ditemukan di pasar Kota Jogja, Kabupaten Sleman serta Gunungkidul. Kalaupun ada, harganya melampaui harga eceran tertinggi Rp14.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement