Advertisement

Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari

Jumali
Kamis, 09 Februari 2023 - 13:17 WIB
Jumali
Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari Para peserta Gebyar Ceria Anak di Balai Kalurahan Selopamioro, Imogiri, Bantul, Kamis (9/2/2023). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, IMOGIRI—Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul mencatat Kalurahan Selopamioro, menjadi kalurahan dengan angka stunting tertinggi di Bantul. Kalurahan yang ada di Kapanewon Imogiri itu mencatatkan angka stunting 21 persen.

BACA JUGA: Kajor Wetan Jadi Lokus Stunting

Advertisement

"Ini diatas rangka rata-rata stunting di Kabupaten Bantul yang mencapai 14 persen. Untuk itu, dibutuhkan perhatian lebih dari semua pihak," kata Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Dinkes Bantul, Siti Marlina, di sela acara Gebyar Ceria Anak di Balai Kalurahan Selopamioro, Imogiri, Bantul, Kamis (9/2/2023).

Menurut Siti, sejauh ini angka stunting di Kabupaten Bantul dinilai sesuai dengan standar terendah yang ditetapkan pemerintah pusat.

"DIY angkanya mencapai 16 persen. Artinya angka stunting di Bantul lebih rendah dibandingkan DIY," sambungnya.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo meminta kepada pemerintah Kalurahan Selopamioro menurunkan angka stunting. Sebab, sejauh ini Pemkab Bantul terus berusaha menekan penurunan angka stunting di wilayahnya. Hal ini dibuktikan dengan diberikannya anggaran di kalurahan untuk mempercepat penurunan angka stunting.

"Bisa menggunakan Dana Desa, dana per padukuhan Rp50 juta juga bisa dialokasikan untuk menurunkan angka stunting," harap Joko.

Joko menambahkan, penurunan angka stunting bisa dilakukan dengan pencegahan. Selain dengan kampanye makan makanan bergizi tinggi, upaya lainnya adalah melalui program sosialisasi dan pencegahan saat hamil atau bahkan sebelum ibu hamil.

"Di samping itu bisa dilakukan pencegahan usia pranikah melalui pendampingan calon pengantin," ucap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement