Advertisement

Luar Biasa! Anggaran Rehab Jalan di Kulonprogo Tahun Lalu Capai Rp18 Miliar

Andreas Yuda Pramono
Senin, 13 Februari 2023 - 08:37 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Anggaran Rehab Jalan di Kulonprogo Tahun Lalu Capai Rp18 Miliar Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sepanjang tahun lalu, total ada 44 ruas jalan yang direhab oleh Pemkab Kulonprogo dengan menelan anggaran sebanyak Rp18 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Agustinus Nurcahyo Budi Wibowo mengatakan bahwa pembangunan jalan di Kabupaten Kulonprogo menghabiskan total Rp18 miliar.

Advertisement

“Sepanjang 2022 kami telah membangun 44 ruas jalan di Kulonprogo. Anggaran yang kami pakai adalah APBD Kabupaten. Total anggaran yang telah kami gelontornya sampai Rp18 miliar,” kata Nurcahyo, Minggu (12/2/2023).

Dia menjelaskan, pembangunan jalan tersebut meliputi perbaikan dan pengaspalan. Pembangunan jalan pada prinsipnya dibagi menjadi jalan lokal primer I dan jalan lokal primer II.

BACA JUGA: 7 Jalan Rusak di Gunungkidul Diperbaiki dengan Dana Rp55 Miliar, Ini Daftar Lokasinya 

Khusus untuk jalan lokal primer I terdapat sebelas ruas jalan dengan panjang yang berbeda-beda. Total panjang jalan keseluruhan adalah 2.350 meter dengan menyedot anggaran sebesar Rp5,5 miliar. Kemudian untuk jalan lokal primer II ada 33 ruas jalan yang dibangun dengan total anggaran Rp13 miliar.

Selain itu, ada juga alokasi Rp1,7 miliar dari APBD yang digunakan untuk pemeliharaan berkala jalan di Kulonprogo. Kemudian sumber anggara lain yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ada di 2022 digunakan untuk rehabilitasi jalan khusus kabupaten.

Rehabilitasi pertama yaitu Sp. Kepek–Kalimanggis dengan panjang 2.900 meter mendapat pagu anggaran Rp7,5 miliar. Sementara rehabilitasi kedua yaitu Dalangan–Siluwok dengan panjang 2.200 meter mendapat pagu anggaran Rp7,7 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Batas Jabatan Kian Dekati Ujungnya, Jokowi Berambisi Tambah Saham di PT Freeport

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement