Advertisement

Sampah TPST Piyungan Berkurang 35 Ton, Hasil Kebijakan Pilah Sampah di Jogja

Newswire
Jum'at, 17 Februari 2023 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Sampah TPST Piyungan Berkurang 35 Ton, Hasil Kebijakan Pilah Sampah di Jogja Seorang warga sedang membuang sampah di depo sementara samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Jumat (21/1/2022) - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Volume sampah dari Kota Jogja yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan menurun drastis sejak pemberlakuan kebijakan pemilahan sampah.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja mencatat pengurangan volume sampah yang dibuang ke TPST setelah gerakan nol sampah anorganik dijalankan mulai awal Januari menunjukkan tren yang semakin meningkat.

Advertisement

“Hingga awal Februari, volume sampah sudah berkurang sekitar 35 ton per hari atau sudah meningkat dibanding pengurangan pada pertengahan Januari sekitar 17 ton per hari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Jogja, Jumat (17/2/2023).

Menurut dia, pengurangan volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan akan terus ditingkatkan sehingga memenuhi target yang diharapkan yaitu berkurangan 40-50 ton per hari pada akhir Maret.

Melalui gerakan nol sampah anorganik, warga di Kota Jogja tidak lagi diperbolehkan membuang sampah anorganik ke depo atau tempat pembuangan sampah.

Sampah anorganik harus bisa dikelola oleh rumah tangga atau penghasil sampah untuk selanjutnya dibawa ke bank sampah yang ada di lingkungan masing-masing.

Sedangkan sampah organik dan sampah residu masih tetap dapat dibuang ke depo atau tempat pembuangan sampah.

Gerakan tersebut ditujukan untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan dengan harapan usia teknis tempat pembuangan akhir tersebut bisa diperpanjang. Pada 2022, Kota Jogja rata-rata membuang 260 ton sampah per hari ke TPST Piyungan dengan 40 persen adalah sampah anorganik.

Meskipun volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan sudah berkurang, namun Sugeng menyebut penguatan edukasi terkait pemilahan sampah tetap harus dilakukan agar masyarakat memiliki budaya memilah sampah sejak dari sumbernya.

“Di banyak negara maju, pemilahan sampah sudah menjadi budaya. Kami pun berharap, masyarakat di Yogyakarta juga memiliki kesadaran yang semakin baik untuk memilah sampah,” kata Sugeng.

Selain edukasi pemilahan sampah, DLH Kota Yogyakarta juga menambah jumlah depo yang dijaga petugas dari satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) Satpol PP Kota Yogyakarta agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah anorganik.

“Jika sebelumnya hanya ada 13 depo yang dijaga petugas, maka sejak awal Februari ada tambahan 13 TPS yang dijaga petugas. Jadi, totalnya ada 26 depo dan TPS yang dijaga 24 jam,” katanya.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Bakal Dibuka Saat Lebaran! Proyek Dikebut

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya mengatakan untuk mencapai target pengurangan 50 ton sampah membutuhkan waktu.

“Untuk membiasakan masyarakat memilah sampah dan tidak membuang sampah anorganik membutuhkan waktu dan ini terus berproses. Saya kira, capaian pengurangan sampah hingga awal Februari cukup baik,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement