Advertisement

Satu Rumah di Bantul Hancur Akibat Longsor, Lurah: Penghuninya Ada Ibu Hamil

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Satu Rumah di Bantul Hancur Akibat Longsor, Lurah: Penghuninya Ada Ibu Hamil Rumah milik seorang warga Dusun Ngenep, Kalurahan Terong, Dlingo tertimpa longsoran bangketan rumah warga lain pada Jumat (17/2/2023) - Istimewa/TRC Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Lurah Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul Sugiyono mengajak tiap elemen masyarakat untuk membantu proses penanganan longsor yang menimpa sebuah rumah di Dusun Ngenep hingga hancur. Kejadian tersebut terjadi pada Jumat (17/2/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

“Kami memohon pertolongan kepada baik BPBD maupun LSM lain, kami minta tolong untuk saling membantu warga kami di Dusun Ngenep RT 4,” kata Sugiyono dihubungi melalui ponsel pada Jumat (17/2/2023).

Advertisement

Sugiyo mengatakan bahwa terdapat empat jiwa yang tinggal di rumah tersebut. Satu diantaranya sedang hamil dan akan melahirkan pada Maret 2023. Beruntung tidak ada satupun yang berada di dalam rumah ketika longsor terjadi.

“Kebetulan rumah milik Paijo sedang kosong. Jadi tadi itu bangket yang berada di samping rumah atau bangket milik saudara Paijo roboh, sehingga menimpa rumahnya. Sepanjang rumah di salah satu sisi [dan sisi depan] tidak bisa tertolong. Untung saja rumahnya tidak roboh. Tapi cukup parah. Separuh tembok sebelah kiri itu semuanya tertimpa ambrukan bangket,” katanya.

Kata Sugiyono, penyebab terjadinya ambrolnya bangket sehingga membuat tanah longsor dan menimpa rumah Paijo karena sebelumnya terjadi hujan deras terus menerus.

Panjang bangket yang ambrol tersebut mencapai sekitar 20 meter dengan ketinggian 4 meter. Sementara luas rumah yaitu 60 meter persegi. Kejadian tersebut berstatus mengancam rumah Paijo dan Sumbiyono atau saudara Paijo.

Bersama tim TRC, warga sedang bergotong royong untuk membersihkan rumah dari puing-puing sisa longsoran. Sugiyono mengatakan mereka memerlukan terpal dan logistik lain juga alat berat atau backhoe.

Di lain pihak, Kasiops SAR DIY Distrik Bantul, Bondan Supriyanto mengatakan longsor yang terjadi pada pukul 11.30 WIB tersebut berawal ketika tebing rumah lain yang berada sekitar 2,5 meter dari TKP merekah. Rekahan tersebut akhirnya tidak mampu menahan beban yang ada.

“Karena tidak mampu menahan beban akhirnya bangketan ambrol dan tanah yang ada longsor mengenai rumah miliki Paijo yang berada di sampingnya,” kata Bondan dihubungi pada Jumat (17/2/2023).

BACA JUGA: PT JMM Klaim Telah Perbaiki 21 Ruas Jalan Rusak Akibat Pembangunan Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 1

Terangnya, kejadian diketahui ketika dukuh setempat akan berangkat Jumatan. Bondan mengatakan ketika kejadian, pemilik rumah bernama Paijo sedang berada di Jakarta. Sementara anggota keluarga lain, Sugiyah tidak berada di rumah.

Sementara itu, Komandan TRC BPBD Bantul, Sulistiyana mengatakan lembaganya sedang melakukan asesmen di TKP.

“Baru asesmen. Sementara koordinasi untuk logistik, kerja bakti, dan koordinasi dengan DPUPKP untuk mendorong alat berat atau backhoe,” kata Sulistiyana dihubungi pada Jumat (17/2/2023).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement