Advertisement

Begini Strategi Pemkab Kulonprogo Meningkatkan Pendapatan Warga Agar Kemiskinan Turun

Catur Dwi Janati
Kamis, 23 Februari 2023 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Begini Strategi Pemkab Kulonprogo Meningkatkan Pendapatan Warga Agar Kemiskinan Turun Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO— Pemkab Kulonprogo berupaya melakukan segenap langkah penanggulangan kemiskinan di 2023. Peningkatan pendapatan menjadi salah satu skema yang diupayakan untuk mengatasi persoalan kemiskinan di wilayah ini.

Plt. Kepala Bappeda Kulonprogo, Eka Pranyata menerangkan arah penanggulangan kemiskinan tahun 2023 hampir sama dengan strategi penanggulangan kemiskinan di tahun 2022. "Hampir sama dengan tahun 2022 dengan alasan penurunan kemiskinan yang mencapai 1,99 persen dianggap sebagai fundamental yang baik," ujarnya pada Rabu (22/2/2023) malam.

Advertisement

Di 2023, upaya penanggulangan kemiskinan salah satunya dilakukan dengan mengurangi beban pengeluaran, pemberian bantuan dan perlindungan sosial. Sejumlah bantuan yang disiapkan merupakan bantuan langsung kepada orang miskin seperti PKH, BPNT, bantuan siswa miskin, bantuan untuk warga rentan dan sejumlah bantuan lainnya. 

BACA JUGA: Klitih Muncul di Klaten! 2 Mobil Dilempari Batu, 1 Orang Terluka

Di sisi lain, peningkatan pendapatan menjadi langkah berikutnya yang bakal ditempuh untuk menanggulangi kemiskinan di Kulonprogo. Caranya, melalui pemberdayaan masyarakat yang bentuknya beragam. Bisa berupa akses terhadap pekerjaan atau pendapatan, peningkatanan kapasitas SDM seperti pelatihan ketrampilan, peningkatan kapasitas UMKM, maupun peningkatan infrastruktur dasar.

"Upaya ketiga yakni menurunkan wilayah kantong-kantong kemiskinan dengan lokus empat Kapanewon, 10 Kalurahan," tegasnya. 

Langkah lainnya yang diupayakan ialah meningkatkan dukungan dan peran serta dunia usaha dan perguruan tinggi. Contohnya dengan mengaktifkan kembali Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan dan kerja sama pengabdian masyarakat dan perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement