Advertisement

Komunitas Esports Gunungkidul Segera Miliki Wadah Resmi

David Kurniawan
Jum'at, 24 Februari 2023 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Komunitas Esports Gunungkidul Segera Miliki Wadah Resmi Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta mendukung pembuatan wadah resmi untuk komunitas esports. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) diminta memberikan fasilitas pembentukan kepengurusan Esports Indonesia (Esi) di tingkat kabupaten.

“Kemarin [Kamis 23/2/2023] ada audiensi dengan penguru daerah Esi DIY. Saya mendukung upaya pembentukan pengurusan di Gunungkidul,” kata Sunaryanta kepada wartawan, Jumat (24/2/2023).

Advertisement

Menurut dia, pembentukan pengurus Esi Gunungkidul tidak bisa dilakukan sendiri. Harus ada kerja sama lintas sektor mulai dari kelembangaan yang membidangi olahraga, unsur kepemudaan, serta instansi pemerintah.

“Harus dikoordinasikan terlebih dahulu antara KONI, KNPI, dan dinas pemuda dan olahraga agar pembentukan kepengurusan dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Sunaryanta mengharapkan Esi Gunungkidul tidak hanya sebagai wadah komunitas, tapi juga saebagai upaya bersama memajukan esports di Bumi Handayani. “Harus memberikan dampak yang positif di Gunungkidul,” katanya.

Ketua KNPI Gunungkidl Heri Santosa mengatakan siap berkoordinasi dengan KONI maupun dinas pemuda dan olahraga untuk mewujudkan pembentukan Esi Gunungkidul. Audiensi antara Pengda ESI DIY dan Bupati Sunaryanta diteruskan dengan pembuatan susunan kepengurusan dan pengajuan keanggotaan cabang olahraga baru.

“Besok [Sabtu 25/2/2023] ada rapat kerja KONI. Jadi sebelum rapat dimulai akan diusulkan,” katanya.

Menurut dia, komunitas esports di Gunungkidul sangat banyak. Hal ini terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun diikuti banyak peserta. “Setiap tahun rutin ada event empat sampai lima kali. Sekarang yang tercatat juga sudah ada sepuluh komunitas esports,” katanya.

Hari Esi Gunungkidul bisa menjadi wadah untuk komunitas yang telah eksis di Bumi Handayani dan ikut memberikan prestasi sehingga dapat mengharumkan nama Gunungkidul di kancah regional maupun nasional.

“Dengan adanya wadah resmi, kemajuan esprots bisa lebih tertata dan terstruktur. Setelah resmi dibentuk, kami minta segera menggelar rapat dan membuat program kerja tahunan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement