Advertisement

Area Relokasi Pasar Godean Ditargetkan Rampung 24 Mei 2023

Anisatul Umah
Senin, 27 Februari 2023 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Area Relokasi Pasar Godean Ditargetkan Rampung 24 Mei 2023 Desain Pasar Godean Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman menargetkan pembangunan tempat relokasi Pasar Godean di Kalurahan Sidoluhur akan rampung pada 24 Mei 2023.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Sleman Tina Hastani mengatakan saat ini masih proses penandatanganan kontrak dengan pemenang lelang. Kontrak yang diteken per 23 Februari sampai 24 Mei 2023. "Insyaallah [24 Mei pembangunan rampung]," ucapnya, Senin (27/2/2023).

Advertisement

Terkait dengan penentuan lapak bagi pedagang belum dipastikan, apakah menggunakan sistem undian atau lainnya. Disperindag saat ini tengah menyiapkan data pedagang. "Penentuan lapak masih berproses dan kami belum menentukan mekanismenya," ujar dia.

Sementara itu, untuk Pasar Godean saat ini masih tahap demolish (pembongkaran bangunan). Berlangsung sampai 28 Februari 2023. "Dan saat ini berproses tender penyiapan lahan paralel dengan proses tender pembangunan fisik Pasar Godean oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah [BPPW]," lanjutnya.

BACA JUGA: Begini Wajah Baru Pasar Godean Setelah Direvitalisasi, Cantik

Hal senada disampaikan Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Godean (PPPG) Wawan Setiawan. Menurutnya belum dipastikan mekanisme penentuan tempat berdagang di lokasi relokasi. "Belum. Nunggu tempatnya siap."

Dalam rangkaian revitalisasi Pasar Godean, pedagang ditempatkan di lokasi transit terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke lokasi relokasi.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima gugatan yang diajukan salah satu konsumen Pasar Godean terkait dengan tempat transit pedagang yang dianggap tidak layak.

Menurut Kustini, gugatan itu merupakan hak warga. Kustini mengakui banyak kekurangan di tempat transit pedagang Pasar Godean.   "Namanya transit tidak sempurna, jadi kalau masih gronjal-gronjal kami sempurnakan nanti. Karena itu nanti setelah jadi [tempat relokasi] nanti langsung kami pindah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Presiden Dijadwalkan Membuka Rakernas Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement