Advertisement

Setelah Wajib Ikut Latihan Fisik, PNS di Gunungkidul Diminta Miliki Semangat Korsa

David Kurniawan
Senin, 06 Maret 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Setelah Wajib Ikut Latihan Fisik, PNS di Gunungkidul Diminta Miliki Semangat Korsa Puluhan pegawai mengikuti proses pelantikan sebagai PNS baru di lingkup Pemkab Gunungkidul di Taman Budaya Gunungkidul, Senin (6/3/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Bupati Gunungkidul Sunaryanta melantik 92 pegawai negeri sipil (PNS) baru di lingkup pemkab di halaman Taman Budaya Gunungkidul, Senin (6/3/2023).

Diharapkan para pegawai ini bisa memiliki semangat jiwa korsa untuk mendukung dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. “Saya ucapkan selamat kepada seluruh pegawai baru. Semoga bisa berkontribusi dalam pembangunan serta melayani masyarakat dengan sebaiknya,” kata Sunaryanta kepada wartawan, seusai acara pelantikan.

Advertisement

Menurut dia, jiwa korsa akan ditumbuhkan melalui masa orientasi. Di dalam proses ini, para pegawai baru akan mendapatkan berbagai pelatihan dari narasumber yang kompeten mulai dari masalah kepemimpinan, pelayanan publik hingga transformasi yang baik dalam mendukung kinerja. “Mudah-mudahan dengan masa orientasi ini maka jiwa korsa PNS bisa tumbuh dengan baik di kalangan ASN,” katanya.

BACA JUGA: Kepala OPD di Gunungkidul Wajib Ikuti Latihan Fisik, Ini Alasan Bupati

Selain itu, bupati juga meminta kepada pegawai untuk bekerja dengan baik dan tidak melanggar disiplin. Sunaryanta sangat menekankan tentang kedisiplinan karena menjadi cerminan dan menjunjung tinggi martabat sebagai ASN. “Ini yang sering saya tekankan. Jangan melanggar sumpah dan janji jabatan. Sudah, sering saya instruksikan untuk tidak melanggar, tapi masih saja ada yang terkena sanksi,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar mengatakan, ada 91 pegawai yang dilantik. Pelantikan dilakukan karena para pegawai sudah menjalani masa uji coba selama satu tahun.

Selain itu, juga telah dinyatakan lulus dalam pendidikan latihan dasar yang dilakukan beberapa waktu lalu. “Mereka merupakan hasil rekrutmen CPNS di 2021. Sebelum diangkat, harus menjalani masa uji coba minimal satu tahun,” katanya.

Iskandar memastikan didalam pengangkatan ini tidak ada CPNS yang mengundurkan diri. Jumlah yang dilantik sama dengan penerimaan hasil seleksi di 2021 lalu. “Tidak ada yang mundur dan semuanya dinyatakan lolos sebagai  PNS setelah menjalani diklatsar,” katanya.

Disinggung mengenai proses rekrutmen CPNS yang baru, Iskandar belum bisa memastikan karena berdasarkan kebijakan dari Pemerintah Pusat, perekrutan difokuskan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). “Untuk tahun ini masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat. Sedangkan tahun lalu tidak ada rekrutmen CPNS,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Longsor di Tanah Toraja, Korban Jiwa Capai 20 Orang

News
| Selasa, 16 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement