Advertisement

Kepala OPD di Gunungkidul Wajib Ikuti Latihan Fisik, Ini Alasan Bupati

David Kurniawan
Jum'at, 10 Februari 2023 - 14:17 WIB
Arief Junianto
Kepala OPD di Gunungkidul Wajib Ikuti Latihan Fisik, Ini Alasan Bupati Kegiatan kesamaptaan yang diinisiasi oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang dilaksanakan di GOR Handayani di Kapanewon Wonosari, Jumat (10/2/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Gunungkidul diwajibkan mengikuti kegiatan kesamaptaan seperti lari keliling lapangan, lari multistage, serta kegiatan fisik lainnya, di antaranya push up dan sit up

“Tidak hanya kepala OPD. Saya ingin kesamaptaan juga menyasar seluruh aparatur sipil negara [ASN] di lingkup Pemkab Gunungkidul,” kata Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, Jumat (10/2/2023).

Advertisement

Menurut Sunaryanta, kegiatan olahraga yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin. Minimal dalam setahun ada dua kali program kesamaptaan. “Pelaksanaan tidak dilakukan sendiri, tetapi mendapatkan pendampingan dari personel TNI di Kodim 0730/GK,” katanya.

Surnaryanta berpendapat dengan rutin melakukan olahraga, maka daya tahan tubuh jadi semakin kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Pasalnya, dengan menjaga kebugaran tubuh maka fokus kerja juga akan meningkat. “Dengan sehat maka kinerja dapat lebih dioptimalkan. Selain itu, juga siap menjalankan tugas kapan saja dibutuhkan,” katanya.

BACA JUGA: Bupati Sunaryanta Ancam Pecat Guru Cabul di Gunungkidul

Menurut dia, dorongan untuk terus menjaga kesehatan tidak hanya dikhususkan bagi para pegawai di lingkup pemkab. Namun demikian, Sunaryanta juga meminta kepada masyarakat untuk rajin berolahraga.

“Sehat ini penting karena dengan kesehatan maka aktivitas bisa lebih leluasa dan optimal. Hal berbeda kalau sakit, mau apa-apa tidak bisa sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Wahyu Nugroho mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti kegiataan kesamaptaan di Gor Handayani tersebut. Dia pun mengikuti seluruh kegiatan yang dipergunakan dalam rangka melatih fisik ini. “Harus bangun lebih awal karena jam 06.00 WIB sudah dimulai,” katanya.

Menurut dia, kegiatan ini sudah sering dilaksanakan dan memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun tujuannya agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. “Tentunya siap mengikuti. Meski ada rasa capek, tapi manfaatnya juga akan dirasakan untuk menjaga kesehatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement