Advertisement

Aktivitas Merapi Meningkat, 3 Lokasi Wisata Ini Ditutup Sementara

Abdul Hamied Razak
Minggu, 12 Maret 2023 - 08:37 WIB
Jumali
Aktivitas Merapi Meningkat, 3 Lokasi Wisata Ini Ditutup Sementara Gunung Merapi terlihat pada Minggu (12/3/2023) - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Peningkatan aktivitas Gunung Merapi sejak Sabtu (11/3/2023) memaksa sejumlah obejk wisata di lereng Merapi ditutup untuk sementara waktu. Selain Obyek Wisata Alam Jurang Jero, Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Obyek Wisata Alam Kalikuning-Plunyon juga ditutup.

BACA JUGA: Erupsi Merapi Luncurkan Awan Panas, Ini Kondisi Warga Sekitar Lereng

Advertisement

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Muhammad Wahyudi melalui suratnya mengatakan dampak terjadinya Erupsi Merapi yang disertal luncuran awan panas yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2023 serta masih terjadinya luncuran awan panas susulan, pihaknya mengambil sejumlah langkah.

"Obyek Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Merapi yang saat ini aktif, Obyek Wisata Alam Jurang Jero, Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Obyek Wisata Alam Kalikuning-Plunyon untuk sementara ditutup," katanya, Minggu (12/3/2023).

Langkah tersebut diambil berdasarkan Siaran Pers dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Nomor: B-85/GL.03/BGV.KG2/2023 tanggal 11 Maret, perihal Aktivitas Gunung Merapi. Hingga kini, Status Gunung Merapi masih berada pada tingkat "Siaga" (level III) dengan potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5-7 kilometer.

"Jadi sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi tersebut, maka penutupan ketiga lokasi wisata tersebut dilakukan terhitung mulai 12 Maret 2023," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Panen Jagung di Tengah Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres di MK

News
| Senin, 22 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement