Advertisement

Polisi Terduga Penyiksa Terdakwa Klitih Gedongkuning Bakal Disidang

Triyo Handoko
Senin, 13 Maret 2023 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Polisi Terduga Penyiksa Terdakwa Klitih Gedongkuning Bakal Disidang Ilustrasi kekerasan. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Polda DIY sudah menerima surat rekomendasi Komnas HAM terkait dugaan penyiksaan oleh polisi kepada para terduga pelaku kasus klitih Gedongkuning. Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyebut sudah menjalankan rekomendasi tersebut, Senin (13/3/2023). 

Suwondo menjelasakn pihaknya sedang mendalami hal tersebut. “Sudah masuk penanganan Provos, tinggal nunggu hasilnya, nanti akan diadakan sidang disiplin,” katnaya, Senin (13/3/2023).

Advertisement

Penanganan Provos DIY, jelas Suwondo, pada terduga pelaku penyiksaan yaitu petugas penyidik kasus klitih Gedongkuning tak dirinci jumlahnya. “Nanti tunggu saja sidang disiplinnya,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, Komnas HAM menyebut adanya tindakan penyiksaan yang dilakukan petugas penyidik kasus klitih Gedongkuning pada terdakwa.

BACA JUGA: Heboh Kades Tewas Mendadak, Diduga Disuntik Racun oleh Mantri

“Hal ini bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 dan Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan atau Penghukuman Lain Yang Kejam, Tidak Manusiawi, Atau Merendahkan Martabat Manusia melalui Undang- Undang Nomor 5 Tahun 1998, dimana setiap warga negara dijamin haknya untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat manusia,” kata Koordinator Subkomisi Penegakan Komnas HAM, Uli Parulian Sihombing.

Temuan Komnas HAM tersebut, jelas Uli, diikuti dengan rekomendasi untuk Polda DIY. “Kami rekomendasikan ke Polda DIY agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan pemeriksaan dugaan kekerasan dan penyiksaan yang dilakukan oknum personil yang mengamankan Andi Muhammad Husein, dan kawan-kawannya dalam rangka memberikan keadilan kepada pengadu dan korban,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement