Advertisement

Warga Pedukuhan Gunung Cilik Bantul Tak Lagi Kesulitan Air Bersih

Abdul Hamied Razak
Rabu, 15 Maret 2023 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Warga Pedukuhan Gunung Cilik Bantul Tak Lagi Kesulitan Air Bersih Peresmian instalasi air bersih di Padukuhan Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, sebagai bagian dari dana CSR BCA, Senin (13/3/2023) - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk membantu kebutuhan air bersih warga Padukuhan Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, BCA meresmikan instalasi air bersih. Keberadaan instalasi air bersih ini diharapkan juga menaikkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo mengatakan air bersih menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Bagi masyarakat perkotaaan, ketersediaan air bersih suatu hal yang lumrah.

Advertisement

"Ironisnya, meski hanya berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota Jogja, warga di Pedukuhan Gunung Cilik masih mengalami kesulitan untuk memperoleh air bersih," ujar Harinowo, Rabu (15/3/2023).

Menurut Hari, lokasi padukuhan tersebut berada di lereng perbukitan berbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Kondisi geografis daerah perbukitan dan sumber mata air yang berada jauh di luar Pedukuhan Gunung Cilik, menyebabkan area ini rentan kekeringan air, terutama ketika musim kemarau tiba.

"Setiap tahun, terlebih saat musim kemarau warga kesulitan air bersih. Oleh karena itu, kami mengambil inisiatif untuk membangun instalasi air bersih untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat sekitar," ujar Hari.

Baca juga: Induk Facebook Meta Bakal PHK Besar-besaran, Capai 10.000 Karyawan

BCA, lanjut Hari, menggandeng Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) untuk mengambil langkah aktif dengan membantu pembangunan instalasi air bersih. Instalasi air bersih tersebut mulai dibangun sejak 2022 dan diharapkan dapat menjaga ketersediaan air bersih untuk 70 kepala keluarga di Pedukuhan Gunung Cilik.

Ketua Umum Perkumpulan Pensiunan Bank Indonesia (PPBI) DR Aslim Tadjuddin berharap instalasi air bersih ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Pedukuhan Gunung Cilik sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup serta menjaga kesehatan mereka.

"Selama ini, masyarakat harus mengandalkan sumur gali milik warga yang biasanya mengalami kekeringan saat musim kemarau atau mengandalkan bantuan distribusi air dari donatur pihak ketiga dengan menggunakan tangki air," katanya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBNU Siapkan Langkah Strategis Bantu Rakyat Palestina

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement