Advertisement

Antisipasi Klitih Jelang Sahur, Petugas Akan Gencarkan Patroli

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 16 Maret 2023 - 09:47 WIB
Sunartono
Antisipasi Klitih Jelang Sahur, Petugas Akan Gencarkan Patroli Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY akan melakukan patroli di beberapa daerah untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan keamanan selama ramadan terutama kekerasan jalanan atau lazim disebut klitih. 

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menyampaikan pihaknya sedang berupaya mengantisipasi gangguan keamanan yang rawan terjadi selama ramadan. 

Advertisement

“Yang perlu diantisipasi adalah kerawanan pada saat sahur. Itu yang kita upayakan terutama linmasnya yang kita gerakkan ini untuk mengawasi pada saat sahur,” ucapnya, Rabu (15/3/2023). 

BACA JUGA : Kasus Klithih di Kotagede Terjadi Kedua Kalinya di Bulan Ramadan

Menurut Noviar, sejumlah tindakan selama ini rawan dilakukan masyarakat antara lain menyalakan petasan, dan perkelahian antar remaja atau lazim disebut klitih. 

Untuk itu, Satpol PP DIY berupaya mengerahkan sejumlah satpol PP dan linmas di tiap kelurahan untuk turut serta menjaga keamanan. Selama ramadan akan dilakukan patroli dengan frekuensi 3-4 kali seminggu mulai tengah malam hingga menjelang sahur. 

Nantinya patroli dilakukan di tiap kabupaten/kota di DIY, terutama daerah yang rawan terjadi gangguan keamanan, antara lain di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), serta sekitar Sumbu Filosofi, serta sekitar Stadion Maguwoharjo. 

Terkait dengan waktu operasional tempat hiburan malam serta pengendalian peredaran miras selama ramadan, pihaknya masih menunggu edaran dari bupati/walikota. 

Dia pun menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta menjaga keamanan  selama ramadan. “Saya harapkan seluruh warga jogja untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum pada saat pelaksanaan ramadan, terutama pada orang tua mengawasi putra putrinya untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya,” ucapnya. 

BACA JUGA : Operasi Khusus Malam Puasa Disiapkan Satpol PP Jogja

Selain itu, dia juga mengimbau partisipasi orang tua dengan melakukan pengawasan terhadap anaknya selama bulan ramadan. “[Orang tua] agar tidak membiarkan anaknya berkeliaran dan mengganggu ketentraman dan ketertiban umum di wilayah masing masing,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jerman Bantah Netanyahu yang Menyebut Tak Ada Korban Sipil di Rafah

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement