Advertisement

Setiap Tahun 150 Hektare Lahan Pertanian di Jogja Lenyap

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 16 Maret 2023 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Setiap Tahun 150 Hektare Lahan Pertanian di Jogja Lenyap Tukino, salah seorang petani di Kalurahan Bulurejo, Semin memupuk tanaman padi yang di sawahnya, Rabu (14/4/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Setiap tahun sekitar 150 hektare lahan pertanian di DIY beralih fungsi. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY terus berupaya meminimalisir alih fungsi lahan tersebut. 

Kepala DPKP DIY Sugeng Purwanto menyampaikan alih fungsi lahan pertanian di DIY tidak dapat dihindarkan, setiap tahun selalu terjadi alih fungsi lahan sekitar 150 hektare per tahun. 

Advertisement

“Kita sangat sulit untuk membendung karena kepentingan banyak yang lain, kemudian secara normatif sulit untuk dipertahankan,” katanya, Kamis (16/3/2023). 

Sejumlah lahan pertanian, menurut Sugeng dimanfaatkan untuk kepentingan umum, antara lain jalan tol, sejumlah lainnya untuk mendukung proses pembangunan. Meski begitu, DPKP DIY terus berupaya meminimalisir alih fungsi lahan tersebut. 

“Kita tidak menampilkan bahwa untuk fasum yang lebih penting itu dimungkinkan. Tapi Pemda sedapat mungkin, seminimal mungkin, fasum yang dibangun sekecil mungkin untuk tidak mengubah fungsi lahan petani,” ucapnya. 

BACA JUGA: Tok! Terdakwa Tragedi Kanjuruhan Divonis Bebas

Sugeng mengatakan alih fungsi lahan pertanian di DIY telah diatur dalam Perda DIY No. 6/2021 tentang Perubahan Atas Perda DIY No.10/2011 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. 

“Itu juga salah satu dawuh Ngarso Dalem, seminimal mungkin lahan itu jangan berubah, itu yang selalu harus jadi pemikiran siapapun yang punya kepentingan di sana,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Antiteror Grebek Rumah Terduga Teroris di Cikampek

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement