Advertisement

Dulu Korban Klitih, Kini Jadi Konselor Cegah Kenakalan Remaja

Abdul Hamied Razak
Kamis, 16 Maret 2023 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dulu Korban Klitih, Kini Jadi Konselor Cegah Kenakalan Remaja Joni Prasetyo (pria berkacamata) saat menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN RI) pada 2019 lalu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Joni Prasetyo, 28, menjadi salah satu pemuda di Sleman yang patut dicontoh. Dulu, ia pernah menjadi korban klitih namun kini ia melakukan pencegahan dini kenakalan di kalangan remaja.

Sejak 10 tahun terakhir, pemuda kelahiran Sleman 09 Juni 1994 ini fokus melakukan berbagai aktivitas konseling bagi kalangan usia remaja. Selain untuk mencegah kenakalan remaja, itu dilakukan Joni untuk menurunkan kasus pernikahan dini di kalangan remaja . 

Advertisement

Ia mengaku mengawali gerakan tersebut sejak di bangku SMA. Waktu itu, Joni melihat teman sebayanya banyak mengalami permasalahan remaja seperti geng sekolah, pernikahan dini, terjebak seks bebas dan Napza. 

"Ya berangkat dari pengalaman pribadi. Waktu itu saya di SMA pernah dibully. Saya juga pernah jadi korban klitih. Saya juga pernah menjadi konselor sebaya kepada teman-teman di sekolah," ungkap Joni, Kamis (16/3/2023).

Baca juga: Seluruh Aktivitas di Sungai Lereng Merapi Diminta Berhenti

Kiprah Joni dimulai saat ia berupaya mengubah image negatif remaja di Kapanewon Ngemplak pada 2013-2016. Sebagai Ketua Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kecamatan Ngemplak, Joni berupaya merangkul para remaja di Ngempak agar tidak terjebak dalam aktivitas negatif (klitih) dengan berbagai aktivitas positif.

"Waktu itu pada tahun 2013 saya ingat betul kasus pemerkosaan dan disertai pembunuhan yang dialami siswi SMK yang kebetulan remaja di Ngemplak. Saya dan teman-teman remaja lain terus bertindak menginisiasi terbentuknya Pusat Informasi Dan Konseling Remaja di tingkat kecamatan," ceritanya.

Pembentukan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja itu, katanya bertujuan untuk wadah oleh dan untuk para remaja agar terhindar dari kasus-kasus seperti kenakalan remaja, seks bebas, pernikahan dini dan penyalahgunaan NAPZA. Usaha Joni itu pun diganjar Penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN RI) pada 2019.

Joni dinilai BKKBN sebagai sosok pemuda yang memiliki Inspirative Movement, Voice Your Right. Penghargaan tersebut diberikan kepada remaja yang mampu memberikan dampak kepada remaja lain atas kegiatan dan advokasi nya sehingga dapat mempengaruhi kebijakan daerah. 

Joni pun tercatat sebagai Ketua Forum Generasi Berencana (Genre) DIY periode 2017 - 2020 sebelum menjadi Pengurus Pusat Genre Indonesia. Kini pun, ia dipercaya menjabat Majelis Pertimbangan Organisasi Forum Generasi Berencana Kabupaten Sleman

"Saat ini saya masih memiliki PIK REMAJA binaan di beberapa sekolah dan kelompok masyarakat. Salah satu sekolah binaan saya di SMP NEGERI 1 TURI," ujar Joni. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement