Advertisement

Dongkrak Wirausaha, Pemkot Kota Jogja Gelar Gebyar UMKM

Anisatul Umah
Minggu, 19 Maret 2023 - 20:07 WIB
Sunartono
Dongkrak Wirausaha, Pemkot Kota Jogja Gelar Gebyar UMKM Gebyar UMKM di Kemantren Ngampilan, Sabtu (18/3/2023). - dok Pemkot Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menggelar Gebyar usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kemantren Ngampilan, pada 18-19 Maret 2023. Kegiatan ini digelar di sepanjang Jalan Suronatan. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan kegiatan ini digelar untuk mendorong semangat wirausaha di Ngampilan.

"Membangun semangat kewirausahaannya, artinya semangat yang terus tangguh berjuang kendati naik turun dalam usahanya," ucapnya, Sabtu (18/3/2023).

Advertisement

Dia menyampaikan melalui Gebyar UMKM, para pelaku usaha bersatu menampilkan produknya kepada masyarakat. Sejalan dengan langkah Pemkot Jogja di dalam menguatkan UMKM dan mendorong UMKM mengembangkan usahanya.

BACA JUGA : Produk Pelaku UMKM Difabel Didorong Bersaing

Melalui kegiatan ini jaringan antar pelaku usaha bisa terbentuk dan bisa menjadi kolaborasi. "Ini yang kita dorong agar kegiatan ekspo ini bisa lebih berkembang dan berkelanjutan," jelasnya.

Dalam kegiatan ini sekitar 70 stan UMKM dari Kelurahan Ngampilan dan Notoprajan tampil. Beberapa produk yang dijual seperti aneka kue, roti, keripik sampai dimsum. Ada juga produk dari bank sampah berupa kerajinan dari daur ulang sampah anorganik serta kerajinan rajut dan kain ecoprint.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan karnaval prajurit bregodo, drumband dari sekolah-sekolah sekitar Suronatan.

Mantri Pamong Praja Ngampilan Endah Dwi Dinyastuti mengatakan produk-produk potensi wilayah terus didorong untuk tampil setiap tahunnya. "Semakin tahun semakin meningkat jadi orang mempunyai jiwa wirausaha," ucapnya.

BACA JUGA : Gebyar Belanja Respons Perubahan Perilaku Warga

Kegiatan ini menurutnya juga mendorong semangat berwirausaha UMKM Ngampilan yang sempat terdampak pandemi beberapa tahun lalu. Termasuk mengembangkan berbagai produk.

"Banyak kuliner karena diwadahi Gandeng Gendong. Selama ini instansi [Pemkot] pesan lewat Gandeng Gendong sehingga memberikan semangat motivasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement