Advertisement

Kemarau di Jogja Diprediksi Awal Mei, BMKG: Lebih Kering dan Panas, Waspada Krisis Air

Triyo Handoko
Senin, 20 Maret 2023 - 17:12 WIB
Budi Cahyana
Kemarau di Jogja Diprediksi Awal Mei, BMKG: Lebih Kering dan Panas, Waspada Krisis Air Ilustrasi kekeringan saat kemarau. Tahun ini kemarau diprediksi lebih panas. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan kemarau tahun ini akan lebih kering dan panas sehingga risiko krisis air lebih tinggi. BMKG menyebut kemarau mulai datang di Jogja pada awal Mei.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Jogja Etik Setiyaningrum menjelaskan kemarau 2023 akan lebih panas dan kering daripada tiga tahun sebelumnya karena curah hujan lebih sedikit. “Tiga tahun sebelumnya ada siklus La Nina. Musim kemarau saat itu curah hujan lebih banyak. Sekarang situasinya normal, tidak ada La Nina lagi, jadi akan lebih kering,” katanya, Senin (20/3/2023).

Advertisement

Etik menyebut kemarau 2023 menjadi kembali netral karena tak ada siklus yang menyertai. “Sementara ini kami temukan kemungkinan siklus El Nino di akhir musim kemarau, tapi kemungkinannya baru 55%, masih perlu pemantauan,” jelasnya.

Siklus El Nino di akhir musim kemarau, jelas Etik, akan membuat suhu lebih kering dan panas.

“Berbeda dengan El Nina, siklus El Nino di akhir musim kemarau ini menyebabkan curah hujan yang mestinya sudah meningkat jadi tidak ada, sehingga akan lebih panas. Tapi kemungkinan siklus ini di Jogja masih kecil,” ujarnya.

BACA JUGA: Aerotropolis Diseleraskan dengan Aerocity, Ada Stadion hingga Permukiman di Bandara YIA

Etik menyebut akhir musim kemarau akan terjadi pada September mendatang. “Kewaspadaan krisis air memang perlu ditingkatkan pada kemarau ini karena lebih kering dengan curah hujan yang sedikit,” ucapnya.

Kewaspadaan krisis air, ujar Etik, sudah disampaikannya ke pihak terkait. “Terutama di Gunungkidul yang memang langganan krisis air saat kemarau kami sudah sampaikan juga sehingga dapat diantisipasi,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement