Advertisement

Banyak Penjual Thrifting di Sleman, Begini Kata Wabup...

Catur Dwi Janati
Selasa, 21 Maret 2023 - 07:37 WIB
Arief Junianto
Banyak Penjual Thrifting di Sleman, Begini Kata Wabup... Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman memilih berhati-hati dalam berkomentar terkait dengan polemik bisnis penjualan pakaian bekas (thrifting) yang terjadi saat ini. 

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menunggu kebijakan atau instruksi dari pusat perihal bisnis penjualan pakaian bekas (thrifting). "Kami menunggu saja dari proses Pusat, karena apa, Kapolri juga sudah menyampaikan bahwa akan ditindak. Kami ini kan hanya sebagai penerus," ujarnya, Senin (20/3/2023).

Advertisement

"Pokoknya nanti kalau arahannya Pusat seperti apa ya kami menindaklanjuti," tambahnya.

Bila barang thrifting itu bisa masuk ke Indonesia, maka tak menutup kemungkinan barang tersebut juga akan sampai ke Sleman. Namun, bila pasokan barang tersebut disetop, maka barang yang masuk ke daerah juga akan nihil. 

"Pusatnya kan dari peti kemas, kalau sini sudah bisa masuk ya pasti kami hanya menerima saja. Tetapi kalau disetop dari sana kan enggak mungkin akan masuk lagi," tuturnya. 

BACA JUGA: Produk Bekas Impor Dilarang, Ini Thrifting yang Diperbolehkan!

Danang pun tak memungkiri, sejumlah toko thrifting ada di Sleman. "Kelihatannya di jalan-jalan ada [thrifting]," tambahnya. 

Dia juga tak mengakui, bisnis thrifting dapat menganggu pelaku usaha kecil di Sleman. "Yang paling penting ini kan menggangu dari pada usaha kecil kami," ujar dia. 

"Saya kira kalau ini pintu utamanya disetop juga ini tidak akan masuk ke daerah-daerah. Kan pintu utamanya dari pelabuhan peti kena itu," lanjutnya.

Padahal potensi UMKM fesyen maupun busana di Sleman sendiri menurut Danang terhitung cukup banyak. "[UMKM] busana banyak, yang paling banyak ini memang dari olahan makanan ya, tetapi kalau kriya, busana, fesyen juga banyak, home industry," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement