Advertisement

Meriahkan Ramadan, 2 Kuintal Lele Ditebar di Sawah Jadi Rebutan Warga

Sunartono
Jum'at, 24 Maret 2023 - 06:17 WIB
Sunartono
Meriahkan Ramadan, 2 Kuintal Lele Ditebar di Sawah Jadi Rebutan Warga Ratusan warga Padukuhan Nambongan, Kalurahan Tlogoadi, Kapanewon Mlati, Sleman menangkap ikan lele di area persawahan setempat. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga Padukuhan Nambongan, Kalurahan Tlogoadi, Kapanewon Mlati, Sleman menyambut awal Puasa Ramadan dengan berebut lele di area persawahan setempat. Sedikitnya dua kuintal lele disebar dan warga beramai-ramai menangkap.

Sebelum penebaran ikan lele dilakukan, lebih dahulu panitia dari pemuda setempat mengatur warga agar bersiap dengan menunggu di pinggiran kolam. Setelah ikan ditebar, beberapa menit kemudian warga diperbolehkan berebut ikan di tengah area persawahan tersebut. Meski hujan, warga sangat antusias dengan kegiatan tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Omzet Pasar Sore Ramadan di Jogja Capai Rp8,4 Miliar

Salah seorang warga Padukuhan Nambongan, Johan mengatakan kegiatan itu terselenggarakan atas dukungan Anggota DPR RI Subardi dan telah menjadi agenda rutin setiap awal Ramadan. Hari itu, ia berhasil menangkap 10 ekor lele berukuran besar. Menurutnya warga sangat antusias dan perebutan untuk mendapatkan lele dilakukan dengan sportif.

“Kebetulan saya selalu ikut setiap tahun kegiatan ini dengan mengajak keluarga, selain hiburan juga lele yang kami dapatkan bisa dimanfaatkan, kebetulan dapat 10 ekor,” kata Johan, Kamis (23/3/2023).

Anggota Komisi VI DPR RI Subardi mengatakan jumlah lele yang ditebar sebanyak dua kuintal, selain itu ada 384 kemasan minyak goreng yang turut dibagikan kepada warga di pedukuhan tersebut. Kegiatan itu bukan sekadar menangkap lele, akan tetapi bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan antarwarga saat Ramadan.

“Lele ini juga berasal dari peternak lokal saja, acara ini semacam tradisi padusan digelar untuk menambah kemeriahan bulan Ramadan, harapannya dapat menjalin keguyuban warga,” ujarnya.

BACA JUGA : Ramadan, Okupansi Hotel di Bantul Anjlok 30 Persen

Antusias warga mengikuti kegiatan itu sangat tinggi. Penangkapan ikan lele terbuka bagi siapa saja tanpa mengenal batas usia, sehingga ratusan peserta dari usia muda hingga tua serta laki-laki dan perempuan tumpah ruah dalam persawahan. Ia bersyukur melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan hubungan kebersamaan antarwarga.

“Semua warga turun, ibu-ibu juga banyak yang turun, semua nyebur kolam sawah merebut ikan lele sebisanya. Ya senang bisa berkumpul semua guyub rukun,” katanya.

Ketua Panitia dari Pemuda Pedukungan Nambongan Tri Yuliatno mengatakan kegiatan tersebut sudah rutin digelar sejak 2004 silam dan antusias warga sangat tinggi, bahkan selalu dinantikan. Kegiatan sempat terhenti selama dua tahun tepatnya 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19

“Kemudian 2022 digelar lagi sampai saat ini, Mbah Bardi semua yang mensuplai ikan lele. Menjadi kemeriahan tersendiri di awal Ramadan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement