Advertisement

Aduan THR untuk Pekerja di Sleman Mulai Dibuka

Catur Dwi Janati
Jum'at, 24 Maret 2023 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Aduan THR untuk Pekerja di Sleman Mulai Dibuka Foto ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Rahmatullah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Kepala Disnaker Sleman, Sutiasih menuturkan selama bulan ramadan ini posko terkait masalah Tunjangan Hari Raya (THR) akan dibuka. Pada awal-awal ramadan ini kemungkinan belum ada aduan yang masuk, melainkan akan banyak konsultasi yang dilakukan perihal pembayaran THR.

"Biasanya perusahaan juga akan melapor bahwa nanti THR akan diberikan H minus berapa, maksimalnya kan H-7. Nanti kami untuk turun ke lapangan setalah H-7, setelah habis waktu batasan," ujarnya pada Jumat (24/3/2023).

Advertisement

Saat turun ke lapangan, Disnaker akan melakukan klarifikasi atas aduan yang dilaporkan. Proses klarifikasi itu dapat dilakukan lewat pemangilan pihak perusahaan ke kantor, panggilan via telepon maupun didatangi langsung oleh tim Disnaker. 

"Kalau banyak itu nanti bisa lewat telepon konfirmasi atau perlu kita datangi, ya kita datangi. Jadi nanti lihat sikon," ujarnya.

Biasanya dari yang sudah-sudah, ada sejumlah kasus dimana aduan tidak adanya pembagian THR disampaikan terlalu dini oleh pekerja. Saat dikonfirmasi oleh Disnaker ke perusahaan, ternyata pihak perusahaan telah merencanakan pembagian THR. Hanya saja informasi tersebut kadang simpang siur menyebabkan miskomunikasi.  

"Setelah H-7 nanti kami akan sidak ke perusahaan-perusahaan. Untuk sidak yang sekiranya nanti ada pengaduan atau mungkin rawan, yang pekerjanya banyak rawan, itu kita datangi," ujarnya.

Dalam sidak itu nanti, Disnaker Sleman tidak sendiri. Disnaker akan mengajak Serikat Pekerja dan Apindo.

BACA JUGA: Sejauh Mana Keterlibatan Ormas dalam Kasus Penutupan Patung Bunda Maria di Kulonprogo?

Sutiasih menyebutkan dalam sidang tripartit persoalan THR ini sudah disinggung. Komunikasi juga terus dilakukan dengan tripartit dengan WA Grup. "Sewaktu-waktu kita mau agenda itu tinggal diskusi di Whatsapp itu sudah kami lakukan," terangnya.

Di sisi lain, tahun lalu Sutiasih mencatat ada sejumlah aduan yang masuk ke Posko THR Disnaker. "Ada, tapi enggak begitu banyak," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement