Advertisement

Tak Bisa Menindak, Bawaslu Jogja Minta Jangan Berkegiatan Politik di Tempat Ibadah

Anisatul Umah
Sabtu, 25 Maret 2023 - 15:57 WIB
Sunartono
Tak Bisa Menindak, Bawaslu Jogja Minta Jangan Berkegiatan Politik di Tempat Ibadah Ilustrasi masjid. - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Jogja menyampaikan imbauan jangan ada kegiatan politik di tempat ibadah. Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kota Jogja, Noor Harsya Aryo Samudro mengatakan peserta Pemilu perlu membedakan kegiatan politik dan kegiatan agama.

Melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kota Jogja, Bawaslu menyampaikan imbauan agar tempat ibadah tidak dijadikan sebagai media sosialisasi peserta Pemilu. Sehingga tempat ibadah terjaga situasi dan kondisinya.

Advertisement

BACA JUGA : Pengurus Masjid Diminta Tidak Memberikan Panggung

"Agar peserta Pemilu melakukan kegiatan sosialisasi di masyarakat dibedakan dengan kegiatan ibadah bulan ramadan. Agar jelas kegiatan politik dengan kegiatan ibadah berbeda," ucapnya dihubungi, Sabtu (25/3/2023).

Menurutnya kerja sama juga dilakukan dengan Bakesbangpoldagri Kota Jogja menggelar sosialisasi dengan pengurus rumah ibadah se Kota Jogja, dalam menyambut tahapan Pemilu dan menyongsong ramadan 1444 H.

"Beberapa rumah ibadah sudah berkomunikasi sebagai bentuk koordinasi untuk pencegahan. Seperti vihara, gereja, dan masjid. Teman-teman Panwascam juga sudah melakukan koordinasi dengan pimpinan di masing-masing wilayah," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kendalanya saat ini adalah Bawaslu belum bisa menindak jika ada temuan karena belum masuk masa kampanye. Hal yang bisa dilakukan saat ini hanya sosialisasi dan upaya pencegahan.

BACA JUGA : Tegas! Masjid di Kota Jogja Tolak Kegiatan Politik

"Problemnya kami belum bisa menindak apabila ada dugaan pelanggaran karena belum memasuki tahapan masa kampanye."

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif menyampaikan Masjid Gedhe Kauman menghadirkan penceramah berdasarkan pada kompetensi, baik sisi keagamaan ataupun yang lain. "Dengan demikian kami berharap jamaah akan tercerahkan pada semua aspek baik agama dan lainnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement