Advertisement

Kapolda DIY Tanggapi Viral Dugaan Begal Jogja: 16 Pembegal Sudah Ditangkap

Triyo Handoko
Senin, 27 Maret 2023 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Kapolda DIY Tanggapi Viral Dugaan Begal Jogja: 16 Pembegal Sudah Ditangkap Ilustrasi penangkapan pembegal. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan menanggapi viralnya seorang perempuan yang mengaku diikuti orang tak dikenal yang hendak merampas sepeda motornya di Sleman. Kapolda menyebut dugaan pembegalan masih ditangani jajarannya.

“Kasus tersebut berbeda dengan kekerasan jalanan yang dilakukan para remaja, modus kasus ini adalah perampasan harta benda pengendara,” jelasnya, Minggu (26/3/2023).

Advertisement

Modus perampasan harta benda pengendara di Jogja, jelas Suwondo, diikuti kekerasan juga. Polisi sudah meringkus belasan pembegal dalam kurun dua bulan.

“Kasus serupa yang viral ini sudah kami tangani sebelumnya juga. Total ada 16 pelaku perampasan harta benda di jalan dengan kekerasan yang kami tangkap sepanjang Januari-Februari,” katanya.

Suwondo berjanji akan menangani kasus pembegalan yang viral tersebut dengan baik. “Kami juga sudah minta personel agar langsung menindak tegas apabila menemui kasus seperti itu,” ujar dia.

BACA JUGA: Pakai Jaket Ojol, Komplotan Maling Curi Brankas Rumah yang Ditinggal Salat Isya di Sleman

Sebelumnya, video tentang perampasan sepeda motor di Sleman diunggah akun TikTok @Cecenaswa_ dan diunggah ulang oleh akun Instagram @merapi_uncover pada Sabtu (25/3/2023). Dalam video tersebut, pemilik akun mengeluh soal tidak amannya Jogja saat ini. Ia mengaku dikejar empat orang yang masing-masing mengendarai motor dan ingin mengambil sepeda motor miliknya, hingga mencabut kunci motor tersebut.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIB saat jalanan ramai orang. Namun tidak ada warga yang menolong. Bahkan ada pos polisi di lokasi tersebut, namun petugas menurutnya tidak mau menolong.

“Kenapa ya hidup di Jogja ga aman? Sekitar jam 15.15 tadi, aku diberhenttin 4 orang, mereka bawa motor sendiri-sendiri, sampai kita kebut-kebutan tabrak-tabrakan sampai mereka nyabut kunci pas aku naik motor ngebut, jalanan ramai tapi enggak ada yang nolongin sama sekali padahal di depannya ada pos polisi tpi polisinya ga bantu sama sekali padahal aku cewe. Mereka ngejar aku dari Amplaz sampai pasar Sambilegi dgn alasan suruhan orang buat ambil motor,” kata pemilik akun @Cecenaswa_ tersebut.

Video ini sontak mendapat banyak respons dari warganet. Sejumlah netizen bahkan mengaku pernah menjadi korban begal dengan modus serupa di sejumlah wilayah di Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! KPK Resmi Tetapkan 2 Orang Tersangka Dugaan Korupsi Jual Beli Gas PT PGN

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement