Advertisement

Bupati Minta Dewan Pendidikan Beperan dalam Peningkatan Mutu di Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 27 Maret 2023 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Bupati Minta Dewan Pendidikan Beperan dalam Peningkatan Mutu di Gunungkidul Ilustrasi pendidikan - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta melantik anggota Dewan Pendidikan Gunungkidul periode 2022-2027, Senin (27/3/2023). Dia mengharapkan susunan baru dapat berperan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Handayani.

“Kami ucapkan selamat dan semoga bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Sunaryanta kepada wartawan, Senin siang.

Advertisement

Menurut dia, Dewan Pendidikan Gunungkidul harus bisa mengambil peran di dunia pendidikan baik formal dan nonformal. Salah satunya dengan mewadahi dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat dengan melahirkan kebijakan dalam progam penguatan di bidang pendidikan.

“Saya harap bisa menghimpun dan menganalisa memberikan rekomendasi dalam upaya memperkuat mutu pendidikan di Gunungkidul,” katanya.

Ketua Dewan Pendidikan Gunungkidul Andang Suharyanto mengatakan banyak tugas yang harus dilakukan sesuai dengan visi misi dan ketugasan yang dimiliki dewan pendidikan. Pasalnya, hingga sekarang pendidikan di Gunungkidul masih tertinggal jauh dibandingkan dengan daerah lain di DIY.

Hal ini berbeda jauh dengan yang terjadi di era 1970-1980-an ketika Gunungkidul bisa menduduki peringat kedua atau ketiga di DIY. “Kalau sekarang selalu peringkat terbawah. Jadi, harus bisa ditingkatkan,” katanya.

Menurut dia, banyak faktor yang membuat mutu pendidikan belum bisa dimaksimalkan. Salah satunya melalui berbagai inovasi agar peningkatan kualitas bukan semata-mata karena dibebani target, tapi sebuah kesadaran untuk mewujudkannya.

“Kalau berdasaran target maka hanya rutinitas yang dijalankan. Tapi, kalau kesadaran untuk meningkatkan mutu dimiliki, maka akan lebih totalitas dalam menajalnkannya,” kata Andang.

Ia menambahkan, sesuai tugas yang dimiliki maka siap memberikan masukan dan saran terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan yang ada. “Tentunya kami juga akan bertanggungjawab ke bupati. untuk program kerja, kami akan merumuskan terlebih dahulu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement