Advertisement

Anak Muda Diperkenalkan Wayang Lewat Animasi Srikandi

Hadid Husaini
Kamis, 30 Maret 2023 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anak Muda Diperkenalkan Wayang Lewat Animasi Srikandi Salah satu pedalang Elisha Orcarus Alasso saat memberikan penjelasan seputar wayang. - Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guna mengembangkan implementasi nilai-nilai luhur pada warisan budaya tak benda (WBTB), Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Kebudayaan terus mengenalkan seni budaya. Film animasi “Srikandi” menjadi sarana pengenalan melalui visual animasi yang lebih menyenangkan bagi generasi muda.

Pengenalan tersebut diselenggarakan mulai 28-29 Maret 2023 di Science Theater, Taman Pintar, Yogyakarta dan diikuti oleh berbagai peserta dari anak hingga remaja. “Kamu memberikan edukasi serta menyampaikan dengan cara yang lebih kekinian dan mudah dikenal,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Yetti Martanti pada Selasa, (28/3/2023).

Advertisement

Dirinya ingin mengajak mengenakan wayang melalui pendekatan yang berbeda tidak seperti pada pagelaran wayang pada umumnya yang masih tradisional. Meskipun begitu, anak-anak tersebut tidak harus menjadi dalang. “Anak-anak yang datang ke acara ini dan bisa menikmati dan melestarikan wayang saja sudah luar biasa,” katanya.

Baca juga: Besaran Kerugian Indonesia Usai Batal Gelar Piala Dunia U-20

Selain melihat film animasi, peserta juga diajak untuk bermain game yang seru. Seperti bedah tokoh wayang, tebak tokoh wayang, membuat wayang dari kertas serta menggerakkan wayang sesuai dengan sifat atau karakter wayang.

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat memperdalam pemahaman serta edukasi mengenai wayang dengan menggandeng Dinas Pendidikan Kota Jogja sehingga optimalisasi lebih mudah di sekolah-sekolah.

“Melalui wayang, generasi muda bisa mengekspresikan dan berimajinasi. Wayang juga bisa menjadi contoh bagaimana mereka belajar mengenai arti tentang rasa sopan, sabar, tegas,” kata salah satu pedalang Elisha Orcarus Alasso. Dirinya terhadap kegiatan tersebut dapat menggairahkan ketertarikan dan menumbuhkan kreativitas. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement