Advertisement

Bupati Bantul Tolak Pemberlakuan Jam Malam Anak, Ini Alasannya

Yosef Leon
Jum'at, 31 Maret 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Bupati Bantul Tolak Pemberlakuan Jam Malam Anak, Ini Alasannya Abdul Halim Muslih - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULBupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyebut penerbitan jam malam anak guna mengatasi kejahatan jalanan atau yang biasa disebut klitih bukan pilihan yang tepat untuk diberlakukan.

Dia lebih memilih upaya pencegahan melalui program pembinaan untuk meminimalkan aksi kejahatan jalanan di wilayahnya. "Saya rasa bukan pilihan yang tepat soal jam malam anak. Kesannya jadi seperti terlalu mencekam," kata Halim, Jumat (31/3/2023). 

Advertisement

Menurutnya, dimungkinkan ada dampak ekonomi yang ditimbulkan jika jam malam anak diberlakukan di wilayah Bantul. Aktivitas ekonomi pada malam hari disinyalir bakal berdampak, sehingga belum tepat untuk diterapkan.  "Dampak ekonominya juga besar. Makanya sampai hari ini penerapan jam malam itu bukan suatu kebijakan yang paling tepat," katanya.

BACA JUGA: Klitih dan Jogja Viral Lagi karena Pembacokan, Ini Perkembangan Kasusnya Menurut Polisi

Hakim menyebut, upaya sejumlah lembaga dan instansi terkait dalam pencegahan kejahatan jalanan anak sudah banyak dilakukan. Sebelum Ramadan lalu sejumlah sekolah dri berbagai jenjang sudah mendeklarasikan menolak terlibat dalam geng sekolah dan aksi kejahatan jalanan. "Namun, tetap harus dilakukan pembinaan. Sudah ada sistemnya untuk menginternalisasi nilai moral," katanya.

Halim juga mengajak kepada para orang tua untuk lebih peduli dan melakukan pengawasan intensif terhadap anaknya masing-masing, sehingga bisa terhindar dari aktivitas-aktivitas yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. "Pemerintah bersama Kapolres, bersama Dandim sudah berkoordinasi, tetapi itu saja tidak cukup. Sekolah-sekolah dan terutama keluarga itu harus turut tanggungjawab," kata dia. 

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Agus Budi Raharja menyebut, sampai saat ini wilayahnya belum memiliki aturan terkait dengan jam malam anak. Munculnya wacana penerbitan aturan itu lantaran maraknya aksi kejahatan jalanan yang melibatkan murid sekolah. "Sampai sekarang belum ada aturan jam malam anak. Kita tunggu perkembangan saja," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement