Advertisement

Bertambah, Kini Ada 5 Warga Gunungkidul Dirawat di RS karena Virus Corona

David Kurniawan
Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Bertambah, Kini Ada 5 Warga Gunungkidul Dirawat di RS karena Virus Corona Virus corona. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul mencatat konfirmasi positif Corona bertambah tiga orang pada Jumat (31/3/2023). Adanya tambahan ini maka kasus aktif di Gunungkidul berjumlah 24 orang. Dari jumlah ini ada lima pasien yang terpaksa dirawat di rumah sakit karena membutuhkan penanganan yang lebih intensif.

Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan penularan virus Corona di Bumi Handayani masih terjadi hingga sekarang. Meski peningkatan tidak setinggi pada saat puncak pandemi di 2021 lalu, namun ancaman penularan tetap harus diwaspadai. “Hari ini [Jumat] ada tambahan tiga kasus baru, warga yang dinyatakan positif Corona,” kata Dewi, Jumat siang.

Advertisement

Dengan adanya tambahan ini, maka warga Gunungkidul yang dinyatakan positif corona sebanyak 23.428 orang. Sebanyak 22.177 orang sudah dinyatakan sembuh, sedangkan angka kematian akibat Covid-19 mencapai 1.227 kasus.

BACA JUGA: Luar Biasa! Kekebalan Tubuh Warga Jogja terhadap Covid-19 Capai 99%

Hingga sekarang, lanjut Dewi, masih ada pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit. Pasalnya, dari 24 orang yang menyandang status kasus aktif, lima orang di antaranya sedang menjalani perawatan secara intesif. “Memang butuh perawatan secara khusus sehingga harus dirawat di rumah sakit. Sebab, kalau tanpa gejala atau sakitnya ringan bisa menjalani isolasi secara mandiri,” katanya.

Dia mengakui untuk pencegahan penyebaran virus corona, masyarakat sudah paham karena penularan bisa dicegah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, upaya menjaga pola hidup bersih dan sehat harus terus dilakukan. “Jangan lupa rutin berolahraga agar tubuh tetap vit sehingga tidak mudah terserang penyakit,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaiakan kesehatan merupakan hal yang penting untuk proses pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, ia meminta kepada masyarakat untuk menjaganya sehingga kondisi tubuh tetap fit guna menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. “Jadi peting menjaga kesehatan. Termasuk mencegah penularan virus corona dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Menurut dia, upaya pemulihan akibat dampak dari corona terus dilakukan. Sunaryanta berharap program ini berjalan dengan lancar sehingga keadaan bisa kembali normal seperti belum pandemi. “Tentunya saya juga berharap kualitas layanan kesehatan juga dapat terus ditingkatkan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement