Advertisement

Kendalikan Jumlah Penduduk, Pemkot Jogja Gelar Layanan KB Gratis

Anisatul Umah
Minggu, 02 April 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Kendalikan Jumlah Penduduk, Pemkot Jogja Gelar Layanan KB Gratis Layanan KB Gratis di Kotagede, Jumat, (31/3/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemkot Jogja menggelar layanan keluarga berencana (KB) gratis untuk mengendalikan jumlah penduduk. Layanan tersebut digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Analis Kebijakan Ahli Muda Substansi Keluarga Berencana, Ummatul Baroroh menyampaikan pengendalian jumlah penduduk sangat penting dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan ibu dan anak serta kesejahteraan keluarga.

Advertisement

Dia menjelaskan saat ini usia subur di Kota Jogja mencapai 35.000 orang. Sehingga pelayanan KB ini sangat dibutuhkan. Kegiatan KB gratis ini digelar pada Jumat, (31/3/2023) lalu di PMB Melati IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Kotagede.

"Kota Jogja lebih banyak menggunakan KB IUD, ini lebih mendominasi. Karena masyarakat sudah tahu bahwa metode kontrasepsi ini merupakan kontrasepsi jangka panjang, mudah dipasang dan jangka waktunya bahkan lebih 8-10 tahun," ucapnya dalam keterangan resminya dikutip, Minggu (2/4/2023).

Menurutnya ada tiga layanan dari KB gratis ini. Di antaranya metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) Ayodi/IUD, suntik KB, KB implan. Bagi warga Jogja yang mau memasang KB gratis bisa mendaftar lewat https://bit.ly/PMBIBIMelatiMKJP.

"Harapannya, layanan ini bisa membudayakan semuanya, tidak hanya melihat sebuah kebutuhan pasangan subur. Namun, sebagai bentuk pertimbangan  bersama sehingga menjadikan keluarga yang berkualitas," ucap dia.

BACA JUGA: KB Berperan Penting Tingkatan Ekonomi Keluarga

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan ini sekaligus untuk mendukung program pemerintah menuju zero stunting 2024. Pelayanan KB gratis bagi Pasangan Usia Subur (PUS) yang belum ber-KB.

Kader KB RT 08, RW 03, Purbayan, Kotagede Sugiarti menyampaikan, warga Purbayan mendukung program KB dari pemerintah ini. Di wilayahnya ada sekitar 42 KK dengan PUS keluarga berencana aktif 21 orang dan PUS KB tidak aktif atau yang tidak menggunakan KB sebanyak enam orang. "Saya sebagai kader juga ikut menyampaikan ke warga bahwa pentingnya KB untuk kesejahteraan bersama," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement