Advertisement

Mahfud MD Beri Tanggapi Kasus Perdagangan Orang

Catur Dwi Janati
Minggu, 02 April 2023 - 05:17 WIB
Budi Cahyana
Mahfud MD Beri Tanggapi Kasus Perdagangan Orang Menko Polhukam Mahfud MD - Antara/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANMenteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD bakal bergerak ke lokasi-lokasi yang diduga banyak melakukan pelanggaran tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Pernyataan itu ia lontarkan saat ditanya wartawan perihal dugaan adanya kesengajaan penenggelaman kapal pekerja migran.

"Bisa jadi banyak terjadi seperti itu. Oleh sebab itu, Rabu depan saya akan ke tempat-tempat tertentu yang diduga banyak melakukan pelanggaran itu," terangnya pada Sabtu (1/5/2023) setelah Kajian Ramadhan Bil Jami'ah 1444 H di Masjid Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga.

Advertisement

Kasus semacam ini, menurut Mahfud, temasuk tindak pidana perdagangan orang. Tindak pidana ini disebutkan Mahfud juga merupakan tindakan yang jahat. "Orang dikirim ke luar negeri lalu dijadikan budak-budak lalu ditenggelamkan kalau sakit, dilempar ke laut, itu kasus seperti banyak di dunia ini," tuturnya.

Sayangnya, Indonesia mulai terjerat kasus-kasus kejahatan semacam ini. Penindakan kejahatan ini akan dilakukan dengan mengacu undang-undang yang ada.

"Indonesia mulai terjerat atau terjebak ke hal-hal seperti itu. Kejahatan perdagangan orang itu sudah mulai. Oleh sebab itu kita tindak, ada undang-undangnya," tegasnya.

Perihal langkah kedepan yang bakal ditempuh, penegakan hukum dan penguatan pengawasan jadi dua aspek yang disebutkan Mahfud bakal dilakukan. "Ya kita tegakkan hukum. Kita tegakkan hukum, kita kuatkan pengawasan," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement