Advertisement

Wuih! Dalam Sekejap, 10 Ton Sembako Ludes saat Pasar Murah

Ujang Hasanudin
Senin, 03 April 2023 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Wuih! Dalam Sekejap, 10 Ton Sembako Ludes saat Pasar Murah Masyarakat mengantre membeli bahan pokok murah dalam operasi pasar murah yang digelar di kantor Kapanewon Dlingo, Senin (3/4/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul menyebut sebanyak 10 ton bahan pokok ludes terjual dalam operasi pasar murah yang digelar di kantor Kapanewon Dlingo, Senin (3/4/2023). Pasar murah serupa akan kembali digelar di Imogiri dan Pajangan pada pekan depan.

Kepala DKUKMPP Bantul, Agus Sulistiyana mengatakan penyelenggaraan pasar murah tersebut merupakan hasil kerja sama DKUKMPP Bantul, Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) DIY, Pemerintah Pusat, Bulog DIY, dan distributor bahan pokok. Total ada delapan distributor yang terlibat dalam pasar murah tersebut.

Advertisement

“Saya senang, peminatnya cukup banyak. Sekitar 10 ton bahan pokok yang terdiri dari beras, gula pasir, telur, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, dan minyak goreng ludes terjual,” kata Agus, Senin (3/4/2023).

BACA JUGA: Disperindag DIY Gelar Operasi Pasar sepanjang Bulan Ini, Catat Tanggalnya!

Menurutnya, masyarakat di Kapanewon Dlingo cukup antusias membeli kebutuhan pokok dalam pasar murah tersebut. Sebab, ada selisih harga yang dijual dengan harga di pasaran.

“Selisihnya setiap komoditas bahan pokok sekitar Rp3.000 jika dibandingkan dengan harga di pasaran. Misalnya harga telur per kilogramnya dijual Rp25.000 dari harga pasaran Rp28.000,” ucapnya.

Untuk menghindari adanya pemborong atau pedagang yang ikut membeli dalam pasar murah tersebut pihaknya membatasi penjualan melalui kupon.

Masing-masing kupon dibatasi pembeliannya tiga kilogram untuk gula pasir dan tiga liter untuk minyak goreng dengan merek Minyakita.

Dia mengatakan pasar murah tersebut digelar untuk meningkatkan daya beli masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuan selama Ramadan dan menghadapi Idulfitri ini.

Sementara Dlingo yang disasar pasar murah karena wilayah tersebut merupakan salah satu dari lima wilayah yang rawan pangan dan banyak warga miskin.

Pihaknya akan kembali menggelar pasar mura dengan sasaran wilaya yang masuk kategori rawan pangan, seperti di Kapanewon Pleret, Pundong, Pajangan, dan Imogiri. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, kemungkinan pekan depan kita gelar pasar murah lagi,” tandasnya.  

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pengendalian Barang Pokok dan Penting DKUKMPP Bantul, Zuriyatun Nur Handayani mengatakan bahwa harga sejumlah bahan pokok di pasaran saat ini diklaimnya sudah mengalami penurunan.

Dia mencontohkan untuk telur ayam negeri pada pekan lalu Rp28.000 per kilogram, menurun dibanding pekan sebelumnya di harga Rp30.000 per kilogram.

Demikian harga daging ayam juga turun dari Rp33.000 per kilogram pada pekan lalu, saat ini turun menajdi  Rp32.000 per kilogram. Beras premium turun dari Rp12.100 menjadi Rp11.800 perkilogram. Sementara beras medium turun dari harga Rp11.050 menajdi Rp10.800 per kilogram.

“Alhamdulillah harga kebutuhan pokok relatif stabil, termasuk bawang putih dan cabai juga relatif stabil. Stok juga aman,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement