Advertisement

Lestarikan Budaya, Kelurahan di Jogja Ini Gelar Pelatihan Aksara Jawa

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 08 April 2023 - 01:07 WIB
Arief Junianto
Lestarikan Budaya, Kelurahan di Jogja Ini Gelar Pelatihan Aksara Jawa Pelatihan penulisan aksara Jawa di Kelurahan Keparakan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAKelurahan Keparakan, Kemantren Mergangsan menyelenggarakan pelatihan menulis aksara Jawa. Pelatihan tersebut diselenggarakan untuk melestarikan budaya Jawa.

Lurah Keparakan Yusup Ahbari menyampaikan pelatihan tersebut diselenggarakan untuk mengenalkan budaya Jawa pada masyarakat luas. “Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya Jawa yang tak ternilai harganya dan harus dilestarikan secara terus menerus agar aksara Jawa ini lestari,” ujarnya, Jumat (7/4/2023). 

Advertisement

Sebagai budaya Jawa, aksara Jawa menurutnya perlu dilestarikan. “Di samping itu aksara Jawa menunjukkan peradaban nilai bangsa,  juga merupakan media untuk menulis karya sastra lampau,” imbuhnya. 

Dia pun berharap melalui pemahaman terhadap aksara Jawa, nilai-nilai bangsa ini dapat ditangkap masyarakat. Sehingga kebudayaan asing yang tidak selaras dengan budaya bangsa ini dapat terbendung. 

BACA JUGA: Wisatawan Diajak Menulis Aksara Jawa di Malioboro, Begini Keseruannya

Dia juga mengapresiasi adanya pelajaran bahasa Jawa yang memuat materi mengenai aksara Jawa di seluruh jenjang pendidikan di DIY. Menurutnya melalui pelajaran tersebut, aksara Jawa dapat turut dilestarikan. 

“Aksara Jawa agar selalu diajarkan dan dikembangkan baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan adanya gemar budaya aksara Jawa di masyarakat maka aksara Jawa itu secara otomatis sudah dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya,” katanya.  

Pelatihan tersebut menyasar seluruh kalangan masyarakat, namun diprioritaskan bagi generasi muda. Yusuf pun berharap semua kalangan dapat memahami dan melestarikan budaya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Menyebut Ketinggian Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang Diprediksi hingga 25 Meter

News
| Kamis, 18 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement