Advertisement

Untuk Naik Kelas, Selain Teknologi Pelaku UMKM Didorong Menguasai Strategi Marketing

Abdul Hamied Razak
Selasa, 11 April 2023 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Untuk Naik Kelas, Selain Teknologi Pelaku UMKM Didorong Menguasai Strategi Marketing Baim Wong, Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi dan CEO PT Kreasi Pena Indonesia, Adhitya Noviardi dalam Pelatihan dan Mentorship kepada 100 UMKM Jogja di Kantor Dinas Koperasi dan UKM DIY, Jumat (7/4 - 2023) ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Pelaku UMKM didorong terus survive dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Selain penguasaan teknologi, pelaku UMKM didorong mengembangkan strategi marketing.

Advertisement

BACA JUGA: Bank BPD Edukasi Penggunaan QRIS Untuk UMKM di Pasar Ramadan

Owner Tiger Wong Entertainment, Baim Wong mengatakan untuk membantu dan mendorong usaha kecil naik kelas dan terus berkembang dibutuhkan penguasaan strategi komunikasi yang baik. Kalangan UMKM, katanya, harus menyiapkan strategi marketing agar produknya semakin dikenal dan dibeli. Sehebat-hebatnya brand, kata Baim, jika tidak memiliki marketing yang baik maka hasilnya sama aja. 

"Jadi kenapa ada saya, kenapa ada Mitme.id, Saya mewakili KOL, Mitme mewakili media. Nah pentingnya ada kami di sini ya untuk marketing-nya UMKM. Tapi balik lagi, kami tidak bisa ngasal mempromosikan, karena produk UMKM harus memiliki nilai unik dan menarik," katanya melalui rilisnya, Selasa (11/4/2023).

Baim mengaku sudah mendalami dunia UMKM sejak 6 tahun yang lalu. Menurutnya, Bakpia Wong Jogja merupakan salah satu produk rintisan yang mendukung UMKM dan berhasil dikembangkan. "Setelah Bakpia Wong ada juga Roti Romi yang hingga banyak peminatnya. UMKM itu sebenarnya bisa dibesarkan asal memiliki kualitas produk bagus, nilai jualnya bagus. Harus memiliki keunikan produk. Oleh karenanya, harus riset dulu agar yang dijual tidak sia-sia," katanya.

CEO PT Kreasi Pena Indonesia (Penakita.id) Adhitya Noviardi menjelaskan kegiatan sosialisasi pengembangan UMKM tersebut diberikan secara gratis kepada para pelaku usaha yang kerap mengalami kesulitan dalam memasarkan produk secara digital, terkhusus dalam membangun kepercayaan melalui media arus utama.

BACA JUGA: Rest Area Khas Jogja di Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen Akan Diisi UMKM

"Kegiatan ini akan menjadi program rutin Penakita dan Mitme.id dalam membantu kesulitan-kesulitan UMKM dalam membangun trust dalam mengenalkan produk dan layanan melalui media arus utama yang terpercaya. Kami juga akan membekali teman-teman UMKM dengan banyak pelatihan serupa, yang terdekat tentang penulisan konten,” katanya.

Menurut Adhitya, Mitme.id menjadi jawaban atas kesulitan UMKM yang selama ini memiliki keterbatasan akses dan biaya dalam berhubungan dengan berbagai media yang ada di daerah mereka, maupun di luar daerah yang dapat menjadi target pasar baru. "Mitme.id terus berkomitmen dalam membantu tumbuh kembang UMKM di Indonesia melalui kolaborasi dengan Komunitas Rise UP UMKM X Baim Wong," katanya.

Aditya merujuk pada Data ReviewTrackers 2020 yang menyebutkan sebanyak 94% konsumen menganggap review online penting dalam pengambilan keputusan pembelian. "Positioning media arus utama menjadi tempat paling cocok dalam mensosialisasikan produk, maupun layanan UMKM di tengah banjirnya informasi di berbagai saluran informasi yang bercampur dengan isu negatif dan sumber yang tidak kredibel," ujar Aditya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement