Advertisement

Ini Pentingnya Data Regsosek untuk Pemkab Sleman

Catur Dwi Janati
Selasa, 11 April 2023 - 18:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Pentingnya Data Regsosek untuk Pemkab Sleman Suasana konsultasi Publik RKPD 2020 di Gedung Bappeda DIY, Kepatihan, Senin (11/2)./Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dinilai penting sebagai acuan dalam mengambil kebijakan pemerintah. Data yang merangkum kondisi riil di masyarakat ini diharapkan dapat terhimpun dengan baik lewat kerja sama pemangku wilayah dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa berharap keakuratan data Regsosek di Kabupaten Sleman tahun 2023 dapat terwujud. Ia menilai, data Regsosek dapat menjadi gambaran umum bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat. Data ini dipandang penting sebagai rujukan pengambilan kebijakan daerah.

Advertisement

"Maka data [Regsosek] yang akurat dan data riil kondisi sosial ekonomi masyarakat dapat menentukan skema kebijakan pemerintah dalam penyusunan berbagai program. Salah satunya program pengentasan kemiskinan," terangnya dalam rakor Forum Komunikasi Publik (FKP) di Kantor Sekretariat Daerah Sleman, Selasa (11/4/2023).

Dalam prosesnya, penghimpunan data Regsosek juga mencakup rapat koordinasi FKP hasil pendataan Regsosek oleh BPS. Proses ini melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), Panewu, Lurah, TNI dan POLRI sebagai upaya menyinergikan langkah yang harus diambil demi terwujudnya transformasi data sosial ekonomi.

Dijelaskan Danang, FKP Regsosek merupakan salah satu proses yang perlu dilakukan untuk memverifikasi data yang telah diperoleh di awal pendataan. Melalui pendataan awal regsosek ini, diharapkan Danang dapat menghasilkan data terpadu.

"[Data tepadu] baik dalam penyusunan program perlindungan sosial, namun juga dalam rangka perencanaan pembangunan yang lebih terarah," tegasnya.

Danang juga menekankan pentingnya pendataan Regsosek agar setiap program pemerintah dapat tepat sasaran. Ia mengimbau para pemangku wilayah, seperti Panewu maupun Lurah untuk dapat bekerjasama dan membantu BPS dalam meyukseskan kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement