Advertisement

Jalur Wisata saat Lebaran di DIY Direkayasa Sesuai Kondisi

Media Digital
Jum'at, 14 April 2023 - 00:27 WIB
Arief Junianto
Jalur Wisata saat Lebaran di DIY Direkayasa Sesuai Kondisi Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti.-Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) DIY memprediksi arus lalu lintas objek wisata selama libur Lebaran 2023 akan meningkat pesat. Peningkatan tersebut tak kalah dengan arus mudik Lebaran 2023, sehingga rekayasa lalu lintas terutama di sisi selatan DIY akan dilakukan.

Dishub DIY memprediksi wilayah yang akan tinggi arus lalu lintas wisatawannya adalah Gunungkidul dan Bantul. Untuk itu, berbagai upaya akan dilakukan Dishub DIY guna memastikan keamanan dan kenyamanan lalu lintas wisatawan tersebut.

Advertisement

Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan penjagaan akan diperketat di jalur wisata selama libur Lebaran 2023. “Posko akan kami bangun di beberapa titik, seperti di Pantai Baron di Gunungkidul, serta Pantai Parangtritis dan di Kawasan Mangunan, Bantul,” ucap dia, Kamis (13/4/2023).

Made juga mengaku sudah berkoordinasi untuk mengatasi lonjakan arus lalu lintas wisatawan tersebut. “Kami sudah koordinasi dengan Pemkab terkait dengan hal ini, termasuk kepolisian juga agar membantu di titik padat wisatawan,” katanya.

BACA JUGA: Awas! Jalur Mudik di Bantul Banyak yang Masih Gelap, Ini Titik-Titiknya

Dia menjelaskan ada 103 personel Dishub DIY juga akan dikerahkan selama libur Lebaran 2023 untuk menjaga arus lalu lintas wisatawan. “Rekayasa lalu lintas akan bersifat kondisional, tapi dari pengalaman sebelumnya, Kawasan Mangunan jelas akan kami rekayasa karena padat dan karakteristik jalurnya juga rawan [kecelakaan lalu lintas],” ujarnya.

Peta jalur selama libur Lebaran 2023, jelas Made, juga sudah disiapkan pihaknya. “Peta tersebut sudah ada, sudah kami didesiminasikan ke sektor lain terutama Diskominfo DIY untuk membantu menyebarkannya ke masyarakat,” ucapnya.

Made meminta masyarakat yang akan berlibur pada Lebaran 2023 ini agar menaati petugas lapangan. “Karena rekayasa jalurnya situasional mengikuti kondisi maka kami minta mengikuti arahan petugas lapangan dengan baik semata-mata untuk kenyamanan dan keamanan bersama,” ujar dia.

Kanal Informasi

Sementara itu, Kepala Diskominfo DIY Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menyebut akan memanfaatkan segala jenis kanal informasi untuk memberikan edukasi ke masyarakat terkait arus mudik dan wisatawan selama Lebaran 2023. “Dari media sosial, web, televisi, sampai CCTV sudah kami siapkan dengan baik dan bisa dipantau masyarakat luas,” katanya.

Seluruh jalur penting dan objek wisata favorit, jelas Hari, sudah dilengkapi CCTV yang bisa dipantau masyarakat dengan baik.

Kami juga menyiapkan layanan aduan masyarakat terkait mudik dan lebaran ini, Kalau mau lebih praktis kami juga punya aplikasi Jogja Istimewa. Di aplikasi tersebut juga ada layanan pengaduan. Yang bisa dipake masyarakat untuk mengadu terkait layanan publik selama berlebaran.

Hari menjamin layanan informasi pada mudik Lebaran 2023 dipastikan mudah diakses. “Kemudahan akses informasi ini diharapkan dimanfaatkan masyarakat agar semuanya nyaman dan aman dalam Lebaran 2023 ini,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement