Advertisement

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Dinkes Bantul Siapkan Ini

Ujang Hasanudin
Jum'at, 14 April 2023 - 17:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Dinkes Bantul Siapkan Ini Petugas menyiapkan fasilitas untuk isolasi pasien COVID-19 saat persiapan Shelter Isolasi COVID-19 di University Club (UC) Hotel Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (14/7/2021). / ANTARA FOTO - Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kesehatan Bantul mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan minimal cuci tangan sesering mungkin dan mengenakan masker jika keluar rumah. Pasalnya kasus Coid-19 di Bantul masih terjadi bahkan akhir-akhir ini kasus peyakit yang disebabkan ole virus SAR CoV-2 tersebut meningkat signifikan.

“Jelang lebaran ini data kami rangkum kenaikan kasus Covid-19 sebulan terakhir cukup banyak,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinas Keshatan Bantul, Sri Wayu Joko Santoso, saat ditemui Jumat (14/4/2023).

Advertisement

Data dari Dinas Kesehatan Bantul per 13 April 2023 terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 17 kasus. Kasus harian sebelum-sebelumnya selama sebulan terakhir kisaran 3-8 kasus dalam sehari. Sementara Jumlah total Kasus Covid-19 dari awal pandemi sampai 13 April 2023 sebanyak 76.111 kasus. Dari jumlah tersebut meninggal dunia sebanyak 1.787 kasus, sembuh 74.242 kasus, dan yang menjalani isolasi atau kasus aktif sebanyak 82 kasus.

Sri Wayu mengatakan kasus aktif saat ini ada yang dirawat di ruma sakit dan ada yang menjalani karantina di rumah karena gejalanya ringan. Sementara yang memiliki komorbid dirawat di Ruma Sakit Saras Adyatma atau bekas Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 sebanyak dua orang dengan penyakit penyerta jantung dan asma.

Menurut pria yang akrab disapa Oki ini masa pandemi belum berakhir sehingga masyarakat tetap harus mewasadai Covid-19.  Ia berarap masyarakat tetap patuh protokol keseatan. “Khusus orang yang rentan, yakni lansia dan punya sakit bawaan atau komorbid tetap mengenakan masker di lingkungan padat dan kerumunan,” katanya. 

Demikian masyarakat yang sakit supaya menjaga lingkungan di sekitar agar tak tertular dengan cara makai masker.  Sementara itu, untuk fasilitas kesehatan masih seperti sebelumnya disiapkan tempat isolasi dan obat-obatan khusus pasien Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bantul, Anugrah Wiendyasari menambahkan meningkatnya kasus Covid-19 akhir-akhir ini karena masyarakat sudah abai terhadap protokol kesehatan. Karena itu ia meminta masyarakat meningkatkan protokol kesehatan dan tetap menjaga pola hidup bersi dan sehat.

Anugrah mengatakan Dinas Kesehatan sudah mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 pascalibur lebaran ini, salah satunya dengan meminta semua rumah sakit di Bantul untuk menyediakan 10% dari total kapasitas bed atau tempat tidur untuk pasien Covid-19. “Bahkan di Rumah Sakit Saras Adyatma sebanyak 50 bed siap untuk pasisn Covid-19,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement