Advertisement

Duh, Jelang Lebaran, Kasus Covid-19 Harian Meningkat di Bantul

Yosef Leon
Jum'at, 14 April 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Duh, Jelang Lebaran, Kasus Covid-19 Harian Meningkat di Bantul Ilustrasi virus Corona. - REUTERS/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jelang Lebaran, kasus Covid-19 di wilayah Bantul tercatat melonjak. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, pada pekan lalu, kasus Covid-19 harian rata-rata berada di angka tiga kasus kemudian di pekan ini meningkat mencapai rata-rata 7-8 kasus per hari. 

"Per hari ini kasus aktif Covid-19 di Bantul berada di angka 17 kasus," kata Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinkes Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, Jumat (14/4/2023). 

Advertisement

Menurutnya kenaikan kasus yang cukup signifikan itu disinyalir akibat adanya lonjakan mobilitas lantaran mudik Lebaran. Selain itu juga dimungkinkan karena imunitas masyarakat yang rendah dari orang yang belum lengkap vaksin atau belum booster sehingga memicu penularan kasus.

BACA JUGA: Jadi Pemicu Kasus Melonjak, Ini Fakta-Fakta Covid Varian Arcturus

Rata-rata kasus harian tersebut juga tidak bergejala atau gejala ringan. "Kemudian juga kondisi perubahan cuaca yang ekstrim menyebabkan penurunan ketahanan tubuh terutama pada orang-orang yang rentan, seperti lansia atau orang yang sudah punya penyakit kronis," jelasnya. 

Pria yang akrab disapa Oki ini menambahkan adapun secara mingguan kasus Covid-19 di wilayah Bantul cenderung fluktatif. Pada minggu ke 12 tercatat ada sebanyak 12 kasus, kemudian naik di angka 33 kasus pada minggu ke 13 dan naik kembali di minggu 14 menjadi 40 kasus kemudian turun menjadi 23 kasus di minggu ke 15. 

"Yang mendominasi masih varian Omicron, memang dalam satu bulan terakhir fluktuatif, tetapi pada minggu ini kasus meningkat dibanding minggu sebelumnya," ungkapnya. 

Sekretaris Dinkes Bantul, Agus Tri Widyantoro mengatakan masyarakat diimbau tetap waspada dengan penularan kasus Covid-19 terutama kelompok rentan.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat mengikuti program vaksinasi booster unjuk mencegah penularan kasus meningkat terutama menjelang Lebaran mendatang. 

"Harus tetap waspada meskipun suasana dan kondisinya melandai. Protokol kesehatan tetap dilaksanakan dimanapun berada agar mampu mencegah penularan kasus," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement