Advertisement

Ngantuk, Pemudik Alami Laka Tunggal di Gunungkidul

David Kurniawan
Jum'at, 14 April 2023 - 19:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Ngantuk, Pemudik Alami Laka Tunggal di Gunungkidul Kondisi mobil Toyota Avanza yang terlibat kecelakan tunggal di ruas Semin-Karangmojo. Jumat (14/4/2023) David Kurniawan - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Kecelakaan tunggal melibatkan mobil Toyota Avanza AB 1342 PN terjadi di ruas jalan Semin-Karangmojo, tepatnya di Dusun Ngringin, Jatiayu, Karangmojo, Jumat (14/4/2023) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi mobil mengalami ringsek di bagian depan.

Peristiwa kecelakaan ini bermula saat korban, Renito,42, pulang dari mengantarkan istrinya ke Magetan, Jawa Timur. Saat perjalanan balik ke rumahnya di Dusun Gunungbang, Bejiharjo menabrak pohon di pinggir jalan di ruas Semin-Karangmojo.

Advertisement

Beruntung korban tidak mengalami luka karena air bag bisa mengembang sehingga selamat dalam kecelakaan ini. Meski tidak  mengalami luka, namun harus menderita kerugian material senilai Rp3 juta.

Hal ini dikarenakan, kaca bagian depan pecah, bodi samping kanan ringsek dan bagian pelek depan juga pecah. Kapolsek Karangmojo, Kompol Agus Sunarno mengatakan, laka tunggal di Dusun Ngringin terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Kecelakaan terjadi diduga karena sopir mengantuk karena perjalanan jauh ke Jawa Timur.

“Jadi tidak bisa menguasai keadaan hingga akhirnya mobil menabrak pohon di pinggir jalan,” katanya, Jumat siang.

Meski demikian, ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena sopir berhasil selamat. “Memang ada kerusakan di bagian mobil mulai dari kaca dan pelek depan pecah. Di bagian bamper juga ringsek karena menghantam pohon, beruntungnya air bag pengaman berfungsi sehingga bisa melindungi sopir dari fatalitas,” katanya.

Kepala Unit Penegakkan Humum, Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan, kasus laka tunggal yang melibatkan pengendara Avanza putih di ruas jalan Semin-Karangmojo diserahkan ke polsek. Meski demikian, ia berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama agar kejadian yang sama tidak terulang.

Menurut Darmadi, jelang mudik Lebaran intensitas kendaraan yang melaju bertambah banyak. Oleh karenanya, dibutuhkan kondisi tubuh yang vit saat di jalanan.

Guna menghindari terjadinya kecelakaan, pengendara diminta selalu berhati-hati dan menaati seluruh rambu-rambu peringatan lalu lintas. “Yang tak kalah penting, jangan berkendara saat mengantuk. Lebih baik istirahat dulu, kalau sudah pulih bisa melanjutkan perjalanan agar terhindar dari kecelakaan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement