Advertisement

Pemkot Jogja Jamin Lebaran 2023 Lancar, Aman dan Terkendali

Media Digital
Sabtu, 15 April 2023 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemkot Jogja Jamin Lebaran 2023 Lancar, Aman dan Terkendali Suasana jumpa pers Pemkot Jogja terkait kesiapan menghadapi Lebaran 2023 di Balaikota, Jumat (14/4 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menjamin libur Lebaran 2023 di Jogja terkendali. Pejabat Walikota Jogja Sumadi menjelaskan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Polresta Jogja untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayahnya, Jumat (14/4/2023).
Sumadi menyebut ada beberapa langkah yang dilakukannya untuk menjaga ketertiban dan keamanan libur Lebaran 2023. “Malioboro tidak ada car free night, agar arus lalu lintas lancar. Tapi jika ada perubahan situasi maka rekayasa akan dilakukan bisa saja dengan menutup jalannya,” jelasnya.
Posko Pantau Lebaran 2023, jelas Sumadi, juga akan dibangun di lima titik. “Ada di Tugu, Malioboro, Jl. Solo-Gejayan, Gembira Loka, dan Titik Nol, itu posko pantauan utama,” terangnya.
Kantong parkir di Jogja, lanjut Sumadi, juga akan dipantau petugas gabungan untuk meminimalisir juru parkir nuthuk tarif parkir. “Sudah kami koordinasikan setiap petugas akan ditempatkan di kantong-kantong parkir,” tegasnya.
Sumadi memprediksi ada 5,8 juta sampai 6,2 juta orang yang akan masuk Jogja selama libur Lebaran. “Termasuk pemudik dan wisatawan, untuk itu kami minta untuk tidak menjadikan momen ini sebagai aji mumpung. Terapkan harga sesuai standar yang ada, baik untuk parkir, makanan, dan lainnya,” himbaunya.
Kapolresta Jogja Kombes Saiful Anwar yang turut mendampingi Sumadi menyebut akan menerjunkan seluruh personilnya untuk mengamankan Jogja. “Pusat perbelanjaan, toko emas, bank akan kami jaga,” katanya.
Saiful menjamin keamanan Jogja selama libur Lebaran 2023. “Kami akan patrol rutin termasuk menggerakan setiap polsek di wilayah utnuk emmastikanakemanan dan ketertiban Lebaran 2023,” ujarnya.
Bagi warga Jogja yang mudik meninggalkan rumah, jelas Saiful, untuk memastikan mengunci rumah dengan baik. “Kompor gas, instalasi listrik kami minta juga dimatikan selama ditinggalkan mudik,” tegasnya.
Citra Jogja selama libur Lebaran 2023, jelas Saiful, harus tetap dijaga. “Jangan sampai menimbulkan masalah hanya karena aji mumpung Lebaran ini, ini tugas bersama untuk menjaga citra Jogja yang aman, ramah, dan murah,” jelasnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement