Advertisement

Tak Kenal Libur! 150 Personel Pengangkut Sampah di Bantul Siap Bertugas selama Libur Lebaran

Ujang Hasanudin
Minggu, 16 April 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Tak Kenal Libur! 150 Personel Pengangkut Sampah di Bantul Siap Bertugas selama Libur Lebaran Ceceran sampah di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul mengerahkan sebanyak 150 personel pengangkut sampah selama libur dan cuti Lebaran Idulfitri mendatang. Jumlah tersebut belum termasuk petugas kebersihan di objek wisata yang di bawah naungan Dinas Pariwisata.

Kepala DLH Bantul, Ari Budi Nugroho memastikan selama libur dan cuti Lebaran pengangkutan sampah tetap ada. Sebab dia memprediksi volume sampah selama libur dan cuti Lebaran akan meningkat dibanding hari biasanya. Peningkatan volume sampah itu terjadi di rumah tangga maupun di objek wisata.

Advertisement

“Peningkatannya sekitar lima persen dari hari biasa. Kalau hari biasa itu dalam sehari volume sampah bisa mencapai 170-180 ton, maka selama libur lebaran naiknya sekitar lima persen dari jumlah itu,” katanya, saat dihubungi Minggu (16/4/2023).

BACA JUGA: Siap-Siap Pengangkutan Sampah Libur 3 Hari saat Lebaran

Peningkatan sampah tersebut diakuinya karena Bantul bakal dikunjungi para pemudik maupun wisatawan. Terlebih lebaran tahun ini tidak ada pembatasan dari pemerintah sehingga Bantul akan dikunjungi banyak orang. Ketika orangnya bertambah, maka otomatis menambah volume sampah. Terlebih liburnya juga cukup panjang, hampir satu pekan.

Adanya peningkatan volume sampah tersebut membuat DLH Bantul tetap menerjunkan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan. Total petugas yang disiagakan sebanyak 150 personel.

“Kita tidak menambah personel kebersihan. Melainkan memaksimalkan yang sudah ada dengan pembagian sif sehingga sampah di rumah tangga tetap terangkut selama libur maupun cuti lebaran,” ujarnya. Sementara armada yang disiagakan untuk mengangkut sampah sebanyak 40 unit.

Meski ada petugas pengangkut sampah, namun Ari mengimbau masyarakat untuk tetap mengurangi sampah yang dibuang. Selain itu masyarakat juga diminta untuk memilah sampah yang dibuang supaya volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan juga berkurang. Mengingat kapasitas TPST Piyungan juga sudah penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! KPK Resmi Tetapkan 2 Orang Tersangka Dugaan Korupsi Jual Beli Gas PT PGN

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement