Advertisement

Ingin Punya Rumah di Tanah Sultan, Warga Nabung Rp2.000 per Minggu

Hadid Husaini
Senin, 17 April 2023 - 18:17 WIB
Maya Herawati
Ingin Punya Rumah di Tanah Sultan, Warga Nabung Rp2.000 per Minggu Ilustrasi rumah / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Kelompok masyarakat perkampungan kota yang tergabung dalam Paguyuban Kalijawi memiliki sebuah tradisi menabung dengan harapan dapat mendirikan rumah layak huni dengan model gotong royong. Mereka menabung Rp2.000 per pekan sejak 2014.

Konsep perumahan yang lebih baik di wilayah perkampungan kota terus diupayakan. Menabung rutin setiap minggu terus menerus dilakukan sejak 2014 yang dikelola oleh koperasi. 

Advertisement

Total hingga kini aset yang dimiliki oleh Paguyuban Kalijawi dari hasil menabung rutin telah mencapai Rp1 miliar. Selain itu Paguyuban Kalijawi juga dibantu oleh Arkom Indonesia dalam mencanangkan konsep rumah layak huni bagi warga miskin perkotaan.

"Konsepnya memang genuine karena itu tidak bisa bicara perumahan yang meminta siapa yang mampu bisa masuk, kalau seperti itu tidak ada istimewanya," ujar Direktur Arkom Indonesia, Yuli Kusworo, di Bale Timoho Resto, Timoho, Kota Jogja, belum lama ini. Dirinya menyebut konsep tersebut dengan Magersari gaya baru.

Ia meminta jika warga kampung dalam Paguyuban Kalijawi bisa dipindahkan menjadi satu sebagai kampung susun. Menurut Yuli yang membuat syarat pindah dengan memiliki koperasi dalam pengelolaanya yang lebih istimewa untuk bisa mendapatkan kekancingan. Harapan untuk membangun rumah muncul setelah Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan terkait pengelolaan tanah Sultan Ground (SG) oleh warga miskin. 

"Orang miskin itu kan standar kemiskinan itu karena kebutuhan dasarnya belum terpenuhi, rumahnya. Kalau Ngarsa Dalem [Sultan HB X] membuka pintu untuk pemanfaatan gak ada orang bingung, karena pemanfaatanya secara kolektif, bukan individu," kata Yuli. 

Dirinya mengungkit kembali terkait pernyataan Sri Sultan soal kemampuan warga DIY untuk menyewa tanah SG. "Kalau kelompok yang terorganisir seperti Kalijawi jelas mampu menyewa Rp100.000 per bulan, jelas orang Jogja, tabunganya saja lebih dari itu," kata Yuli.

Konsep rumah yang telah dirancang tersebut telah dirancang bersama dengan perhitungan kebutuhan para warga paguyuban Kalijawi yang terdiri dari 120 kepala keluarga yang tersebar di 14 Kampung. Menurut Yuli, total kebutuhan luas  tanah untuk memindahkan masyarakat kampung kota Kalijawi kurang lebih satu hektare.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 42 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement