Advertisement

Kasus LSD di Sleman Mencapai 2.124 Kasus

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 April 2023 - 00:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kasus LSD di Sleman Mencapai 2.124 Kasus Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono mengecek kondisi kandang dan ternak warga, Senin (17/4 - 2023) ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ancaman kejadian penyakit lainnya yakni penyakit Lumpy Skin Desease (LSD) di Kabupaten Sleman masih marak terjadi dan telah menyebar di 17 Kapanewon. Hingga 12 April 2023 jumlah ternak yang terpapar LSD mencapai 2.124 kasus.

Advertisement

BACA JUGA: Sapi Sakit LSD di Sleman Bertambah Jadi 1.375 Kasus

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono mengatakan 2.124 kasus ternak yang terpapar LSD terdiri dari kasus aktif 1.711 ekor, mati 31 ekor, potong paksa 25 ekor dan kesembuhan 357 ekor.

"Kami terus berupaya melakukan penanganan penyakit LSD tersebut. Baik dengan pengobatan suportif, anti radang, anti histamin dan antibiotik, hingga pemberian anti parasit," katanya.

BACA JUGA: Sapi Positif LSD di Sleman Bertambah Lagi Jadi 210 Ekor, Terbanyak di Kapanewon Minggir

Dia mengatakan, untuk layanan vaksinasi LSD hingga kini baru terealisasi sebanyak 2.089 ekor dari 2.200 dosis yang diterima untuk wilayah Sleman. "Sementara off (berhenti) dikarenakan belum tersedia vaksin LSD lagi dan masih menunggu pengadaan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, walaupaun sebenarnya para peternak telah sadar dan banyak yang minta untuk dilayani vaksinasi tersebut," katanya.

Sembari menunggu vaksin, lanjut Pram, pihaknya tetap melakukan KIE dan mengajak para peternak maupun pengusaha ternak untuk melakukan Gerakan Bersih Kandang (Gersindang) secara rutin dan memberikan pakan yang cukup baik kuantitas maupun kualitasnya serta manajemen usaha peternakan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement