Advertisement

Tahun Ini, UPNVY Siap Gelar Salat Id 2 Kali

Lugas Subarkah
Selasa, 18 April 2023 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Tahun Ini, UPNVY Siap Gelar Salat Id 2 Kali Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelaksanaan Idulfitri 1444 hijriah dimungkinkan akan berbeda menurut versi perhitungan dan versi pengamatan. Untuk mengakomodasi masyarakat yang berbeda-beda pandangan, pelaksanaan Salat Id di lapangan UPN Veteran Yogyakarta bakal digelar dua kali.

Ketua Panitia Salat Id UPNVY, Suharwanto menjelaskan Salat Id akan digelar sebanyak dua kali di lapangan UPNV, yakni Jumat (21/4/2023) dengan imam dan khatib Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin dan Sabtu (22/4/2023) dengan imam dan khatib dosen UIN Sunan Kalijaga, Agung Danarto.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Digelarnya Salat Id dua kali ini untuk memfasilitasi warga sekitar yang memiliki keyakinan berbeda dalam menentukan jatuhnya 1 Syawal. “Kami kan tidak memaksakan harus mengikuti hisab. Sehingga memberi kesempatan atau memfasilitasi juga saudara kami yang mengikuti wujudul hilal yg minimal tiga derajat,” ujarnya, Selasa (18/4/2023).

BACA JUGA: 600 Lokasi di Kulonprogo Jadi Titik Salat Idulfitiri

Meski demikian, dia juga tetap memantau sidang isbad besok. Jika ternyata jatuh pada hari yang sama dengan versi perhitungan, maka akan dilaksanakan sekali saja.

“Bilamana sidang isbat mengumumkan 1 Syawal jatuh Jumat ya alhamdulillah. Bisa serentak dan yang rencana Salat Id pada Sabtu otomatis akan menunaikan Salat Id pada jumat juga,” katanya.

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Wahidin Sudirohusodo Sleman, Agaerul, mengatakan sudah menjadwalkan solat id Sabtu (22/4/2023), meski masih akan menunggu keputusan pemerintah untuk penetapan 1 Syawal.

“Kami masih menunggu keputusan Pemerintah melalui Kementerian Agama. Untuk persiapan, baik Khatib maupun Imam, kita jadwalkan hari Sabtu dengan tetap menunggu keputusan Pemerintah,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengacara Haris Azhar Laporkan 5 Jaksa ke Komjak, Begini Respons Kejagung

News
| Rabu, 07 Juni 2023, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Pacu Adrenalin Lewat 3 Wisata Ekstrem di Jogja

Wisata
| Rabu, 07 Juni 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement