Advertisement

Wisatawan Diminta Waspada Rip Current Saat Bermain di Kawasan Pantai Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 19 April 2023 - 14:37 WIB
Jumali
Wisatawan Diminta Waspada Rip Current Saat Bermain di Kawasan Pantai Gunungkidul Petugas SAR Satlinmas saat mencari keberadaan Sapuan, Koki asal Solo yang hilang di Pantai Siung. Foto diambil Kamis (31/3/2022) - Istimewa SAR Satlinmas Wilayah I DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Gelombang air laut pada saat libur Lebaran diprediksi landai. Meski demikian, pengujung wisata diminta tetap mewaspadai adanya potensi kecelakaan laut.

BACA JUGA: Wisatawan Asal Sukabumi Terseret Ombak di Pantai Kukup

Advertisement

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, terus melakukan koordinasi dengan BMKG terkait dengan ketinggian gelombang di kawasan pantai selatan. Data semetara, diperkirakan pada saat libur Lebaran tidak ada kenaikan gelombang.

“Pas liburan gelombangnya landai,” kata Suris kepada wartawan, Rabu (19/4/2023).

Meski tidak ada kenaikan gelombang air laut, namun tidak menghilangkan bahaya kecelakaan laut. Sebab, ancaman tersebut masih ada sehingga harus diwaspadai.

Salah satunya adalah fenomena arus balik air laut atau rip current. Menurut Suris, di setiap pantai di Gunungkidul terdapat fenomena ini sehingga harus dihindari agar tidak menjadi korban kecelakaan.

“Berhubung didominasi karang, maka posisi rip current di Gunungkidul tidak berubah. Hal berbeda terjadi di Parangtritis sering berpindah karena didominasi pasiran,” katanya.

Oleh karenanya, Suris meminta kepada pengunjung untuk berhati-hati pada saat bermain di pantai.

“Selama libur Lebaran seluruh personel berjumlah 63 personel disiagakan,” katanya.

Untuk memperlancar pengamanan, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 juga menerjunkan tiga unit mobil ambuan, empat perahu jukung, dua jetski, dan satu ATV.

“Kami juga siapkan jalur evakuasi melalui laut jika terjadi kemacetan. Korban akan dievakuasi melalui laut didaratkan di pantai Ngrenehan [Saptosari],” kata Suris.

Upaya persiapan pengamanan lebaran juga dilakukan di Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1 di Pantai Sadeng. Total seluruh anggota berjumlah 35 orang disiagakan selama liburan Lebaran.

“Kami sudah persiapkan dan teman-teman disebar di sejumlah pantai di wilayah satu,” kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1, Sunu Handoko.

Menurut dia, didalam mendukung operasi juga disiagakan tiga perahu jukung, mobil ambulan lima unit, dua unit ATV dan satu Jetsky.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar. Kami juga terus siaga dan akan memperingatkan kepada setiap pengunjung yang bermain di area berbahaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement