Advertisement

16.320 Orang Datang dan Berangkat Melalui YIA

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 19 April 2023 - 19:07 WIB
Jumali
16.320 Orang Datang dan Berangkat Melalui YIA Ilustasi suasana YIA. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 16.320 penumpang akan datang dan berangkat dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Rabu (19/4/2023).

Stakeholder Relation Manager, Ike Yutiane mengatakan, PT Angkasa Pura 1 memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 terjadi pada hari Rabu 19 April 2023.

Advertisement

BACA JUGA: Jadwal KA Bandara YIA, Selasa 18 April 2023

“Kami memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 ini terjadi pada hari ini di mana rencananya aka nada sebanyak 16.320 penumpang yang datang dan berangkat melalui YIA,” kata Ike dihubungi pada Rabu (19/4/2023).

Ike menambahkan bahwa pada hari Selasa 18 April 2023 atau H-4 Lebaran, YIA telah melayani penumpang sebanyak 15.303. Katanya, angka tersebut merupakan jumlah penumpang harian terbanyak sepanjang Operasional YIA dengan 107 pergerakan pesawat.

Melalui pantauan Harian Jogja, situasi terminal kedatangan YIA memang ramai dibandingkan dengan beberapa hari belakangan. Bahkan, beberapa orang yang menunggu kedatangan keluarganya duduk di luar garis batas yang telah dipasang.

Seorang pemudik bernama Mur akan mudik ke Purworejo. Mur membawa istri dan dua anaknya yang berumur sekitar tiga sampai empat tahun.

“Asal saya Purworejo, ini baru saja datang dari Berau, Kalimantan. Baru bisa mudik soalnya cutinya baru saya dapat,” kata Mur ditemui di terminal kedatangan pada Rabu (19/4/2023).

Mur menegaskan bahwa tiket yang dia dapat cukup mahal karena mendekati hari Lebaran. Terangnya, empat tiket maskapai Lion Air dia dapat dengan harga sekitar Rp9 juta. Ada kenaikan 20%. Dia menjelaskan bahwa maskapai yang dia naiki penuh dengan penumpang.

“Pesawat yang saya pakai tadi full penumpang mulai dari saya berangkat dari pukul 07.00 WIB dari Berau lalu transit di Balikpapan selama tiga jam sebelum sampai YIA,” katanya.

Sementara situasi arus lalu lintas di Jalan Nasional yang melintas perbatasan DIY-Jawa Tengah tepatnya di Sindutan, Temon landai kendati tampak kendaraan roda empat yang melintas berurutan dalam waktu beberapa menit.

Situasi tersebut sama dengan arus lalu lintas di Jembatan Congot yang memisahkan DIY dan Jawa Tengah. Tampak landa, tanpa kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo, Sukirno mengatakan kendaraan yang melintas di Kabupaten Kulonprogo pada Rabu 19 April 2023 sampai pukul 15.00 WIB mencapai 41.904 kendaraan baik yang berasal dari arah Timur maupun Barat dengan jenis kendaraan bus, angkutan perdesaan, mobil pribadi atau truk, dan sepeda motor.

Kepala Pos Pengamanan Temon, Agus membenarkan bahwa kendaraan yang melintas di Jalan Nasional dari Timur ke Barat menuju Jawa Tengah cenderung landai.

“Tidak jauh beda dengan hari-hari biasa. Prediksi saya, pemudik yang baru berangkat dari Jakarta belum sampai di sini. Mereka kan mungkin berangkat kalau tidak sore ya malem. Sampainya setidaknya pagi atau malam hari,” kata Agus ditemui di Pos Pengamanan pada Rabu (19/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement