Advertisement

Gusti Prabu Bersyukur Ribuan Orang Padati Salat Id Muhammadiyah di Alun-Alun Selatan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 21 April 2023 - 13:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Gusti Prabu Bersyukur Ribuan Orang Padati Salat Id Muhammadiyah di Alun-Alun Selatan Warga Muhammadiyah mengikuti salat Id di Alun-Alun Selatan, Jogja, Jumat (21/4/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Panitia Hari Besar Islam Kemantren Kraton, Jogja menggelar salat Idulfitri 1444 H di Alun-Alun Selatan, Jogja, Jumat (21/4/2023).

Penasihat PHBI Kemantren Kraton GBPH. H. Prabukusumo menyampaikan apresiasinya dengan melihat Jemaah yang melangsungkan salat Id pagi tadi.

Advertisement

“Salat Idulfitri ini sangat disyukuti. Sangat penuh sekali karena dari berbagai daerah,” ucapnya, Jumat.

Ketua PHBI Kemantren Kraton Mochammad Muzani menyampaikan jumlah orang yang melangsungkan salat Id tersebut lebih banyak dari beberapa tahun terakhir.

Ada sekitar 10.000 warga yang mengikuti salat Id pagi tadi. Dari jumlah tersebut, sekitar 60% merupakan warga setempat, sisanya warga DIY serta pemudik dari daerah lain.

Banyaknya orang yang melangsungkan salat Id di Alun-Alun Selatan salah satunya disebabkan karena penutupan Alun-Alun Utara. “Biasanya di Alun-Alun Utara, ini pindah di Alun-Alun Kidul [Alun-Alun Selatan]. Selain itu, sekarang sudah bebas soal protokol kesehatan,” katanya.

Salah satu warga Kemantren Kraton, Toni Efendi, menyampaikan setiap tahunnya menyelenggarakan salat di Alun-Alun Selatan. “Setiap tahun salat di sini, sudah sejak dulu,” katanya.

Kemudian, Hendara, warga asal Jakarta memilih melangsungkan salat id di Alun-Alun Selatan karena keluarganya tinggal di lokasi sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement