Advertisement

Lebaran Lewat, Arus Mudik di Terminal Giwangan Masih Berlangsung

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 23 April 2023 - 19:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Lebaran Lewat, Arus Mudik di Terminal Giwangan Masih Berlangsung Kondisi Terminal Giwangan, Rabu (5/4/2023). - Anisatul Umah/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Meski telah memasuki H+1 Lebaran, arus mudik lokal di Terminal Giwangan Jogja masih terjadi.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Giwangan BPTD Wilayang X Jateng-DIY, Sigit Saryanto, menyampaikan sampai Minggu (23/4/2023) ini arus mudik dari Terminal Giwangan ke sejumlah daerah di sekitarnya masih terjadi.

Advertisement

“Hari ini [Minggu] ada sedikit kenaikan, terutama H+1 Lebaran. Masih ada pemudik lokal jarak dekat. Rata-rata menggunakan bus ke sekitar DIY, antara lain ke Solo, Magelang, Semarang dan sebagainya,” ucapnya, Minggu.

Menurut Sigit, hingga hari ini arus balik belum terlihat. Dari catatannya, belum ada kenaikan penumpang yang signifikan untuk bus jarak jauh.

“Sekarang mudik jarak dekat, baliknya belum tampak. Saya lihat bus arah Jakarta belum normal, arus balik kan ke arah Jakarta, Bali, dan Sumatra,” katanya.

Menurut Sigit, kenaikan tersebut disebabkan antara lain tidak ada pembatasan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Kenaikan jumlah penumpang selama Lebaran tahun ini dibandingkan tahun lalu berkisar 15%-18%.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang memperpanjang cuti bersama juga berpengaruh. “Ada kenaikan penggunaan bus karena pemerintah memperpanjang waktu cuti, itu mempengaruhi, jadi pemudik banyak menggunakan bus,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement