Advertisement

Dinilai Bikin Macet, PKL Pajeksan dan Sarkem Kena Semprit, Barang Dagangan Disita

Triyo Handoko
Jum'at, 28 April 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Dinilai Bikin Macet, PKL Pajeksan dan Sarkem Kena Semprit, Barang Dagangan Disita Suasana penertiban PKL di Jl. Pajeksan oleh Satpol PP Jogja, Rabu (26/4/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di Jl Pajeksan dan Jl Pasar Kembang atau Sarkem Jogja ditertibkan Satpol PP Jogja.

Penertiban dilakukan karena mereka nekat berjualan di bahu jalan, sehingga menyebabkan kemacetan di dua jalan tersebut.

Advertisement

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Satpol PP Jogja, Doddy Kurnianto mengatakan di Jl Pajeksan ada empat PKL yang ditertibkan, 11 pedagang sate, 31 pedagang rokok, dan lima penyedia jasa sewa motor listrik yang ditertibkan Satpol PP Jogja pada Selasa (25/4/2023).

“Selasa itu sudah kami tertibkan, kami edukasi agar tidak berjualan lagi. Tetapi kami cek lagi pada Rabu [26/4/2023] masih berjualan,” kata Doddy, Jumat (28/4/2023). 

Sementara di Jl Sarkem, jelas Doddy, pihaknya menertibkan dua PKL. “PKL ini kami tertibkan karena memakan bahu jalan, mengganggu arus lalu lintas apa lagi sedang high season,” jelasnya.

PKL yang ditertibkan Satpol PP Jogja, lanjut Doddy, adalah pedagang musiman yang berdagang di dua jalan tersebut saat libur Lebaran ini saja.

“Pantuan kami, mereka ini berjualan di momen ramai libur Lebaran ini saja, sebelumnya disitu tidak ada PKL karena memang dilarang berjualan di area tersebut,” terangnya.

Doddy menegaskan PKL yang membandel dan berjualan di Jl Pajeksan padahal sudah ditegur dilakukan penyitaan barang jualan. “Karena membandel, sudah kami tegur tapi tetap berjualan maka kami sita barangnya,” ujarnya.

Barang jualan tersebut akan dikembalikan ke para PKL, sambung Doddy, setelah mereka menandatangani pernyataan tidak akan berjualan lagi di tempat tersebut.

“Tidak ada sanksi hanya kami data lewat surat pernyataan, kalau masih ngeyel lagi baru mungkin ada sanksi,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement