Advertisement

Ratusan Pemudik Asal DIY Kembali ke Jakarta Lewat Terminal Giwangan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 29 April 2023 - 06:27 WIB
Sunartono
Ratusan Pemudik Asal DIY Kembali ke Jakarta Lewat Terminal Giwangan Seremonial Pemberangkatan Pemudik dalam Mudik dan Balik Gratis Kemenhub di Terminal Giwangan, Jumat (28/4/2023). - Harian Jogja/Stefani.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Sejumlah pemudik di DIY yang mengikuti program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah diberangkatkan kembali ke Jabodetabek melalui Terminal Giwangan, Jumat (28/4/2023). 

Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Popik Montanasyah menyampaikan ada 14 bus dengan sekitar 35 penumpang per bus yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Jumat. 

Advertisement

Guna menjamin keselamatan dalam arus balik kali ini, dia pun menyampaikan telah dilakukan ramp check pada armada bus yang digunakan untuk angkutan mudik gratis. 

Dia menyampaikan program mudik gratis tersebut telah diselenggarakan setiap tahunnya, dia pun berharap agar pemberangkatan pemudik selama arus balik kali ini dapat berjalan lancar. 

“Kegiatan mudik gratis diharapkan dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi kita semua khususnya pemudik, kita berharap agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar setibanya di Jakarta dapat beraktivitas kembali seperti biasanya,” ucapnya. 

Sekretaris Dishub Kota Jogja, Golkari Made Yulianto menambahkan dengan adanya mudik dan balik gratis tersebut berdampak pada kepadatan lalu lintas. 

“Ini dapat mengurangi secara signifikan penggunaan kendaraan pribadi, sehingga volume lalu lintas atau volume kendaraan tidak terlalu padat. Dari sisi keselamatan, karena mudik dan balik gratis ini terutama diperuntukan bagi pengguna sepeda motor, kemarin diberangkatkan 450 melalui truk sehingga ini bisa menekan angka kecelakaan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement