Advertisement

Ring Road Selatan Kebanjiran saat Hujan Deras, Ditemukan Sampah Mebel di Saluran Drainase

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 08 Mei 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Ring Road Selatan Kebanjiran saat Hujan Deras, Ditemukan Sampah Mebel di Saluran Drainase Kondisi banjir di Jalan Ring Road Selatan pascahujan lebat pada Senin (1/5/2023) sore. - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wilayah Ring Road Selatan sempat mengalami banjir beberapa hari lalu. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM) DIY menyebut sampah di saluran drainase jadi biangnya. Bahkan di saluran tersebut, sempat ditemukan sampah mebel. 

Kepala Dinas PUP ESDM DIY, Anna Rina Herbranti menyampaikan pihaknya bersama Pemkab Bantul dan Satker PJN sempat meninjau lokasi terjadinya banjir beberapa hari lalu. Dari tinjauan tersebut, ditemukan banyak sampah mebel yang ada di saluran drainase. 

Advertisement

“Kemarin sempat viral, ada informasi Ring Road Selatan tergenang, salah satu penyebabnya karena banyak sampah di saluran drainase jalan. Yang dicek temen-temen ada seperti kursi mebel masuk di situ,” katanya, Senin (8/5/2023).

Menurutnya, banyaknya sampah yang ditemukan di sekitar Ring Road Selatan membuat kinerja drainase tidak efektif. Selain itu, menurut Anna banjir yang terjadi di DIY belakangan juga disebabkan oleh banyaknya saluran drainase di sekitar pemukiman warga yang ditutup sepihak, tanpa mengajukan izin terlebih dahulu. 

“Kami mengimbau masyarakat kalau membuang sampah jangan di saluran drainase jalan. Apabila ingin menutup saluran drainase, misal dibeton, ya jangan ditutup dulu, harus izin dulu,” ucapnya. 

BACA JUGA: Ring Road Kebanjiran saat Hujan Deras, Sultan: Masalahnya Ada pada Gorong-Gorong

Amir Syarifudin, Sekretaris Komisi C DPRD DIY juga mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan penutupan drainase untuk keperluan pembangunan pemukiman mengajukan izin terlebih dahulu, sehingga penutupan saluran tersebut sesuai prosedur. Dengan begitu, menurut Amir resiko terjadi banjir akan berkurang. 

Selain itu, menurut Amir, Ring Road Selatan merupakan jalan nasional, sehingga kewenangan pengelolaan jalan tersebut berada pada Satker PJN. Karena itu, dia berharap agar Satker PJN dapat melakukan pengawasan terhadap adanya indikasi masyarakat yang membuang sampah di saluran drainase. Dia juga berharap agar PJN melakukan pemeliharaan rutin terharap saluran drainase tersebut lebih sering, sehingga dapat meminimalisir banyaknya sampah di saluran tersebut. 

“Keinginan kami, Pusat harus memperhatikan berkaitan dengan perawatan, membangun boleh lah, tetapi perawatan saya kira lebih penting. Tidak hanya di daerah Sewon yang tersumbat kemarin, sampai Condongcatur juga begitu [drainase tersumbat],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement