Advertisement

Lima Nakes Mundur, Pemkab Bantul Hanya Melantik 99 P3K Nakes

Yosef Leon
Selasa, 09 Mei 2023 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Lima Nakes Mundur, Pemkab Bantul Hanya Melantik 99 P3K Nakes Suasana pelantikan PPPK bidang nakes pada Selasa (9/5/2023) di Komplek Parasamya Bantul. Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul melantik sebanyak 99 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di bidang tenaga kesehatan (nakes) pada Selasa (9/5/2023) di Komplek Parasamya. Pelantikan itu diharapkan bisa mengisi kekurangan sumber daya manusia (SDM) nakes di wilayah itu. 

Pelantikan didahului dengan penandatanganan perjanjian kerja antara Pemkab Bantul dengan dua perwakilan P3K. Setelahnya dilakukan serah terima surat keputusan (SK) pengangkatan kepada para P3K nakes itu oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. 

Advertisement

BACA JUGA: Ratusan PPPK Tenaga Kesehatan di Sleman Terima SK, Bupati: Jalankan Peran dengan Semangat Baru

"Pelantikan ini jadi suatu kebanggaan karena kalian telah melewati setiap tahapan seleksi dan lolos dan terima SK. Sekarang kalian menjadi bagian dari ASN Pemkab Bantul," kata Halim. 

Menurut Halim menjadi P3K nakes dan bagian dari ASN Pemkab Bantul bukan berarti masuk ke dalam zona nyaman dan membuat para nakes menjadi malas dan tidak profesional. Justru pengangkatan itu menjadi momentum untuk bekerja dengan optimal.

"Tunjukkan dan buktikan ke masyarakat dan pemerintah bahwa kalian punya kualitas kinerja yang baik dan optimal," katanya. 

Mengundurkan Diri

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul Isa Budi Hartomo menyebut, pihaknya mendapatkan sebanyak 510 formasi P3K pada 2022 lalu dengan rincian 396 guru, 104 nakes dan 10 tenaga teknis. Seleksi P3K nakes sudah dilakukan dan hanya mampu merekrut 99 orang. 

BACA JUGA: Dugaan Pemotongan Insentif Nakes Diselesaikan Secara Internal

"Lima lagi mengundurkan diri yang terdiri dari epidemiologi kesehatan 2 orang dan dokter umum 3 orang," jelasnya. 

Adapun 99 orang P3K nakes itu mengisi 13 jabatan yang terdiri dari yaitu apoteker 2 orang, dokter umum 9 orang, dokter gigi 1 orang, dokter spesialis 2 orang, promosi kesehatan 1 orang, perawat 44 orang dan sanitarian 8 orang. 

"Kemudian bidan 14 orang, transfusi darah 2 orang, asisten apoteker 3 orang, epidemiologi kesehatan 2 orang, fisioterapis 2, perekam medis 2 orang dan sisanya pada jabatan lain. Mereka akan ditempatkan di Puskesmas dan RS Panembahan Senopati," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement